Kades Tak Diundang.Karena Ini Alasannya Pemerintah Kab.Dompu

IMG-20220412-WA0038.jpg

Dompu NTB Benuanews.com Di beberapa media bahkan media sosial Facebook Viral salah warganet mempertanyakan alasan tidak diundangnya para kepala desa pada Pelaksanaan Upacara Bendera dalam permohonan Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 207 tahun yang dilaksanakan di lapangan beringin, Senin (11/ 4/2022).

Pertanyaan tersebut dilontarkan salah seorang warga melalui Akun Facebook bernama Opick Manggelewa yang merupakan akun resmi dari Kepala Desa Dorokobo Taufik dengan mengungkapkan “(Apakah, red) Pemerintah Desa bukan bagian dari pemerintah Kabupaten Dompu. Terbukti diacara hut Kab Dompu 207 semua kepala Desa Se Kab Dompu tidak di Undang. ADA APA DENGAN PEMDA DOMPU?,” tanyanya sesuai yang dikutip di akun FB bersama Lukman Katua dan Ori Sedo.

Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes sedang menyampaikan sambutan
Di beberapa media elektronik, Taufik juga mengungkapkan, karena diundangkan dalam kegiatan yang dimaksud membuat para Kades mempertanyakan kinerja pemerintah daerah saat ini.

Pasalnya, di setiap perayaan Hari Jadi Dompu sebelumnya Kades selalu diundang, kata Taufik yang juga merupakan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPP.APDESI) Kabupaten Dompu.

hal tersebut, Gatot Gunawan PP, SKM, M.MKes Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu membenarkan bahwa para Kades memang tidak diundang pada pelaksanaan Upacara Hari Jadi Dompu ke 207 yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Pemda Dompu pada tanggal 11 April 2022, kemarin. “Memang tidak diudang, hanya diwakili oleh para Camat dimasing-masing wilayah,” kata Sekda.

mengumumkan, kata Gatot, pemerintah daerah melalui panitia pelaksanana diminta membatasi jumlah peserta dan undangan untuk mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan Menjaga Jarak, Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas. “Ini alasan tidak diudangnya kepala Desa se-Kabupaten Dompu,” kata Gatot.

Selain itu, melalui Instruksi Bupati Nomor : 003/80/PEM./ tentang Peringatan Hari Jadi ke 207 Kabupaten Dompu tahun 2022, Camat/Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Dompu di titik kedua dinstruksikan untuk melakukan Doa Tasyukuran dan Dzikir bersama pada masing-masing Masjid, lingkup perkantoran dan lingkungan masing-masing.

Meski tak hadir di lokasi upacara, kata Sekda namun seluruh Kades se Kabupaten Dompu tetap disapa oleh Bupati Dompu Kader Zaelani di salam pembukaan melalui sambutanya di halaman 2 poin ke-9. “Disambutan, Bupati tetap menyapa para Kades,” ujar Gatot.

Oleh karena itu, Sekda meminta kepada seluruh masyarakat Dompu mematuhi protokol kesehatan, agar penyebaran Virus Covid-19 dapat dihentikan, sehingga aktiftas kembali normal. “Doakan mudah-mudahan tahun depan kita bebas dari virus ini, sehingga HUT Dompu dapat kita laksanakan semeriah mungkin,” harapnya. (prokopim)

scroll to top