Desa Kabuabua Kecamatan Nuhon, Bakal Menjadi Pusat Pertambangan Nikel

IMG-20220802-WA0111.jpg

BANGGAI – Benuanews.com- Dengan Maraknya berbagai Pertambangan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Desa kabuabua adalah salah satu Desa yang berpotensi akan masuknya Perusaha’an Nikel .

Selasa 02/8/ 2022 kepala Desa (Arnoldus Djadi) saat di konfirmasi awak media Benuanews mengatakan bahwa : Memang Benar adanya isu yang berkembang di Luar sana, bahkan Pihak perusahaan sendiri Sudah mengambil Sampel Dengan menggunakan alat Bor beberapa bulan kemarin.

Sambung Arnoldus Djadi , Tapi Sampai Saat ini belum ada kabar selanjutnya dari pihak Perusahaan, Entah bulan depan atau tahun depan belum bisa di pastikan.

Mengenai dampak positifnya dengan adanya Perusahaan pasti ada , seperti salah satu contoh adalah perekrutan tenaga kerja, ini akan mengurangi angka pengangguran di daerah kita, lebih terkhusus lagi masyarakat Desa Kabubua.

Tetapi Dampak Buruk juga makin menguat, karna dengan adanya bencana Banjir di wilayah kabupaten Banggai , khususnya di daerah areal Tambang nikel ini sudah menjadi contoh , di duga karena akibat gundulnya Hutan.

Masih Arnoldus Djadi, maka dari itu untuk ada Keseimbangan , sebelum Perusahaan masuk Pemdes, BPD ,tokoh masyarakat, dan lembaga adat ini akan Bersatu padu menyusun kekuatan untuk duduk bersama dengan pihak perusahaan, dalam rangka membahas dan menyepakati tentang masalah akan adanya dampak, pembebasan lahan, dan kewajiban perusahaan lainnya terhadap masyarakat sekitar areal pertambangan.

Kalau kami sebagai Pemdes dalam hal ini kepala Desa tidak keberatan dengan hadirnya tambang, karna izinnya dari Pusat. Kami tinggal menyesuaikan. asalkan sesuai aturan , Jika perusahaan semena mena seperti di tempat lain, kami lebih melawan dengan keras. Tutup Arnoldus Djadi.***

Reporter- / Is

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top