Deklarasi 5 Pilar STBM Di kec. Pekat Dihadiri Oleh Sekda Dompu,Dan Dihadiri 7 Desa Di kec.Pekat

IMG-20211030-WA0023.jpg

Dompu,NTB Benuanews .Com  Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total berbasis Masyarakat
STBM) dilakukan di 7 (tujuh) Desa di Wilayah Kecamatan Pekat yang yaitu Desa Karombo, Desa Kadindi, Desa Kadindi Barat, Desa Beringin Jaya, Desa Sorinomo, Desa Calabai dan Desa Nangamiro. 

Deklarasi berlangsung Sabtu (30/10/21) pukul 10.00 Wita-selesai di Halaman Kantor Camat Pekat Pekat. 

Acara deklarasi 5 Pilar STBM dihadiri Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM.MMKes, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Hj. Iris Juwita Kastianti, SKM. MMKes, Kapolsek Pekat, Dirut RSUD Dompu, Dr. Dias Indarko, MPPM, Camat Pekat, Nuraini, S.Pd, Kepala Puskesmas Pekat, Danramil Pekat, Perwakilan PT SMS, Puskesmas Nangakara, Baznas Kabupaten Dompu, Kepala Desa Se-Kecamatan Pekat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Elemen Penting lainnya yang disambut dengan atraksi seni dan budaya daerah berupa tarian.

Saat membacakan sambutan tertulis Bupati Dompu, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, menyampaikan tujuan penyelenggaraan pencanangan STBM adalah untuk mewujudkan perilaku masyarakat higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Lanjut Sekda dengan pencanangan STBM ini diharapkan pada tahun 2025, Indonesia dapat mencapai sanitasi total untuk seluruh lapisan masyarakat sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia.

Berikutnya Sekda Gatot mengungkapkan Program STBM merupakan program yang memberikan pemahaman kepada warga masyarakat betapa pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat, oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua setelah di deklarasi 5 Pilar STBM, masyarakat tidak ada lagi yang tidak berperilaku hidup sehat dan bersih (PHBS). Kata Sekda 5 Pilar STBM itu terdiri dari stop buang air sembarang tempat (Stop BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga (PAMM-RT), pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

Dimomen ini Sekda Gatot Gunawan PP,  juga menjelaskan dengan adanya 5 Pilar STBM akan membantu masyarakat untuk mencapai tingkat higienis yang paripurna, sehingga akan menghindarkan masyarakat dari kesakitan dan kematian akibat sanitasi yang tidak sehat. Lanjutnya nya pelaksanaan dan penerapan 5 Pilar STBM dimasa pandemi ini perlu lebih ditingkatkan dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari terutama Pilar Kedua cuci tangan pakai sabun, menjadi salah satu upaya pencegahan covid-19. Keberhasilan program STBM tidak saja merupakan kerja pemerintah semata, tetapi juga dibutuhkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat yang saling bersinergi dalam membangun masyarakat untuk hidup sehat dan bersih, terang Gatot Gunawan.

Dengan terselenggaranya kegiatan pencanangan 5 Pilar STBM di Kecamatan Pekat hari ini, Gatot Gunawan memberikan apresiasi kepada seluruh elemen yang ada di Kecamatan Pekat. Atas terselenggaranya kegiatan ini saya mewakili Pemerintah Kabupaten Dompu memberikan apresiasi yang tinggi dan juga menyampaikan ucapan selamat kepada tujuh desa di Kecamatan Pekat ini yang telah sukses melaksanakan deklarasi 5 Pilar STBM, terangnya.

Selain itu juga lebih lanjut Sekda Gatot Gunawan PP, menguraikan, walau trend kasus positif covid-19 terlihat menurun saat ini, saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi pada program vaksinasi covid-19. Program vaksinasi covid-19 berupaya mewujudkan Herd Imunity hingga 70 Porsen dari jumlah penduduk, tandasnya. Kemudian dikatakannya vaksinasi covid-19 memberikan manfaat untuk kekebalan dan melindungi dari ancaman virus Corona. 

Diakhir penyampaiannya Sekda Gatot Gunawan PP, menghimbau elemen penting antara lain Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan lintas sektoral dalam hal ini OPD terkait, Dinas Kesehatan, Bappeda dan Litbang, Dinas Perukim, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PMPD, PT. SMS, dan BAZNAS, agar membantu masyarakat dengan program-program pembangunan sar

scroll to top