Cegah Wabah Penyakit, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Kalilapar Laksanakan Pelayanan Kesehatan Keliling

WhatsApp-Image-2020-12-12-at-13.23.17.jpeg

KEEROM (benuanews.com) –  Akhir tahun 2020 dengan cuaca yang tidak menentu membuat Personil Pos Kalilapar melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan keliling kampung guna mencegah terjangkitnya masyarakat dari Wabah penyakit Malaria akibat Curah hujan yang sangat tinggi di Penghujung Tahun
di Kampung Sach, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Sabtu,(12/12/2020).

Hal tersebut disampaikan Danki C Satgas Lettu Inf Wiridan Antariksa P S, S.T.Han dalam rilisnya mengatakan bahwa curah hujan di penghujung tahun tepatnya di bulan Desember ini sangat tinggi dan berubah ubah sehingga rentan menimbulkan wabah penyakit akibat banyaknya genangan air yang membuat nyamuk berkembang biak dengan cepat, “Untuk itu Satgas Yonif Raider 100/PS berupaya menggelar Pengobatan keliling di berbagai Kampung jajaran pos Satgas guna memastikan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

“Ini merupakan wujud kehadiran personel Satgas Yonif Raider 100/PS di perbatasan dan suatu bentuk Pembinaan Teritorial (Binter) yang terus kami pelihara sebagai wujud kedekatan TNI dengan rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Praka M. Topik selaku Tamtama Kesehatan (Takes) Pos Kalilapar mengatakan bahwa di Kampung Sach tersebut termasuk wilayah dengan endemik Malaria yang tinggi, Adapun penyakit yang rata-rata dialami masyarakat berupa batuk, flu, sakit kepala, badan pegal-pegal dan mengeluh diare. “Namun bagaimana kita bisa mencegah dan mengobatinya dengan tepat sasaran hingga tuntas, sehingga kami rutin dan berkesinambungan menggelar pelayanan kesehatan keliling kampung,” katanya.

“Semoga dengan pelayanan yang kami berikan bisa membantu masyarakat di wilayah perbatasan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat, Kegiatan seperti ini juga meningkatkan hubungan komunikasi yang baik antara personil satgas dengan masyarakat,”ujarnya.

Selaku Kepala Kampung Sach Laurens Ibe (50) mengapresiasi kegiatan pengobatan keliling yang telah dilakukan Pos Kalilapar. “Terima kasih atas bantuan pengobatan yang diberikan kepada warga kami, semoga Kampung Sach terhindar dari wabah penyakit akibat dari derasnya curah hujan di akhir tahun ini,” harapnya. (tim)

scroll to top