Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M Menghadiri dan Membuka Acara Pelatihan Manajemen KASUS Terhadap Anak

FB_IMG_1665653737339.jpg

WAY KANAN, benuanews.com – Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M Menghadiri dan Membuka Acara Pelatihan Manajemen KASUS Terhadap Anak Dalam Rangka Meningkatan Koordinasi dan Sinkronisasi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Lembaga Penyedia Layanan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus di Kabupaten Way Kanan, bertempat di Hotel Almer Kecamatan Baradatu. Kamis (13/10/2022).

Bupati Way Kanan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategis pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengeluarkan Permen PPPA Nomor 04 Tahun 2018 tentang Pediman Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak yang salah satu tujuannya yaitu Penanganan segera untuk korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Pelatihan Manajemen Kasus ini sendiri memiliki tujuan khusus yang diharapkan peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan, nilai dan keterampilan dalam melakukan manajemen kasus, mampu menjelaskan pentingnya manajemen kasus dalam sistem perlindungan anak, mampu mempraktikan, menerapkan etika manajemen kasus, serta mampu dalam membangun sistem rujukan, pelaporan dalam manajemen kasus”, ujar Bupati Adipati.

Selanjutnya Bupati Adipati Menjelaskan bahwa Pelatihan manajemen kasus merupakan bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Dimana dalam Pasal 4 disebutkan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat
perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Indra Kesuma, S.Sos, Pimpinan Kecamatan Baradatu serta para Peserta Pelatihan. (Sarnubi)

scroll to top