Bupati Pessel Hadiri Panen Raya Jagung Dengan Kelompok Tani, Hal ini Yang Disampaikan

IMG-20231116-WA0010-scaled.jpg

Pessel, Benuanews.Com
Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, menekankan kepada penyuluh pertanian untuk terus saling berkoordinasi dengan petani begitu pun sebaliknya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian di daerahnya.

Hal itu dikatakan Bupati saat menghadiri panen raya Jagung sekaligus membuka Ekspo gelar teknologi hasil tinggi dari PT. SYNGENTA Indonesia di Kampung Tebing Tinggi Nagari Koto Salapan Pelangai Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (16/11/2023).

“Tidak hanya bibit, penanganan hama, panen dan pascapanen, namun ada hal lain yang juga penting diperhatikan dalam meningkatkan produktivitas yakni pendampingan kepada petani,” sambungnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri, Camat Ranah Pesisir, Kapolsek, Danramil, Sekretaris Dinas Pertanian, Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Perwakilan dari PT. SYNGENTA Indonesia, Wali Nagari Koto Salapan Pelangai, Kelompok Tani Se-Nagari Koto Salapan Pelangai dan para undangan lainnya.

Bupati melanjutkan dalam pelaksanaannya selain penyuluh, petani juga diminta pro aktif untuk berkomunikasi, sehingga berbagai persoalan yang dihadapi bisa diketahui, dan dicarikan solusinya.

“Nah, tentu masing-masing petani memiliki persoalan yang beragam, dan agar penyuluh tahu akan hal itu maka jalinlah komunikasi dengan baik,” ujarnya.

Ia berpesan kepada penyuluh agar menjalankan tugas dengan baik, sebab penyuluh merupakan tugas yang mulia karena menyangkut hajat orang banyak tidak hanya petani, namun juga masyarakat luas.

“Tugas penyuluh tidak sebatas rutinitas belaka, didalamnya terdapat nilai-nilai kemanusiaan dan sosial,” kata dia.

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Pesisir Selatan, Agustina Rahmadani, menyebutkan secara umum bahwa luas tanam jagung di daerah setempat mencapai 17.324,91 hektare dengan luas panen 16.723,7 hektare.

“Lokasi ini tersebar di 15 kecamatan di Pesisir Selatan, areal tanam paling luas berada di Kecamatan Lunang dengan luas tanam mencapai 3.734,0 hektare, sementara di Ranah Pesisir luas tanamnya adalah 1.317,3 hektare,” jelasnya.(Wandi)

scroll to top