Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Acara Pengukuhan Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (PENGKAB IPSI) Way Kanan Masa Bhakti 2023-2027

60e38b12676a9929a2c33da73f14f7f5.jpeg

WAY KANAN, benuanews.com – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Acara Pengukuhan Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (PENGKAB IPSI) Way Kanan Masa Bhakti 2023-2027 di Gedung Pusiban Pemkab Way Kanan, Selasa (21/05/2024).

Sebagai tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pencak Silat sebagai olahraga mempunyai manfaat bagi mereka yang mempelajarinya, serta penanaman sikap penting yang diperlukan. Untuk itu, olahraga ini perlu dilestarikan karena menjadi salah satu budaya kebanggaan Bangsa di mata dunia.

“Bukan sebagai komunitas tetapi organisasi resmi terdaftar sebagai standarisasi Pencak Silat Nasional yang melestarikan cabang olahraga bela diri sebagai payung standarisasi pencak silat nasional yang melestarikan cabang olahraga beladiri silat sebagai budaya asli diri Indonesia, melalui pembinaan tiap seni silat, menetapkan dan memperhatikan kesepakatan standarisasi silat bela diri, serta melestarikan melalui event tarung berstandar antar pesilat dengan adil”, ujar Bupati Adipati.

Untuk itu, Bupati Adipati berharap Pengurus Kabupaten IPSI Way Kanan dapat menjadikan pencak silat sebagai prestasi dan budaya yang harus tetap ada dan terus berkembang. Dengan salah satu upayanya untuk menuju hal tersebut secara kelembagaan IPSI harus lebih kuat dan solid. Perlu diwujudkan dengan membentuk jejarinng organisasi yang bisa menjangkau seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Way Kanan.

“Dengan 48 ribu Anggota IPSI dari 11 Perguruan Silat yang ada di Way Kanan merupakan modal besar yang mampu mendorong anggotanya untuk bisa mengharumkan nama Kabupaten Way Kanan di event-event Provinsi, bahkan tingkat Nasional”, lanjutnya pada Pengukuhan kembali Saipul, S.Sos.,M.IP sebagai Ketua Pengkab IPSI Way Kanan Masa Bhakti 2023-2027.

Pada acara yang turut dihadiri oleh Pengurus Provinsi IPSI Lampung, Forkopimda Way Kanan, Pengkab IPSI Way Kanan, Anggota Perguruan Silat, Bupati Adipati juga menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua beserta jajaran Pengurus Kabupaten IPSI Way Kanan yang baru dilantik. Dengan harapan kedepannya mampu menjadi motivasi untuk segera melakukan langkah-langkah konsolidasi, mensosialisasikan program dan kegiatan untuk memajukan pencak silat di Kabupaten Way Kanan. (Sarnubi)

scroll to top