Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan

985e009516f235ac8a08f33031aa25e7-1.jpeg

Way Kanan, benuanews.com – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan Tahun 2024 di Ruang Buway Pemuka Pengiran Udik.

Bupati Adipati dalam sambutannya mengatakan bahwa Tim Penggerak PKK Kecamatan hendaknya mampu menjadi garda terdepan di tingkat Kecamatan dalam mewujudkan keluarga berkualitas baik dalam aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, moral, dan lingkungan hidup dengan menyukseskan implementasi sepuluh Program Pokok PKK dan memaksimalkan pemberdayaan keluarga hingga ke tingkat dasa wisma.

“Saya harapkan juga Tim Penggerak PKK Kecamatan dapat menjalin komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat demi menyukseskan program-program yang telah disusun. Sebab, TP PKK memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan ekonomi keluarga, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan perempuan”, ujar Bupati Adipati.

Dijelaskan pula bahwa perpanjangan tangan PKK hingga ke tingkat dasa wisma selama ini telah menunjukkan keberhasilan dalam pembangunan keluarga. Dimana sepuluh Program PKK terbukti mampu membantu para perempuan Kabupaten Way Kanan untuk beradaptasi dengan situasi pandemi beberapa waktu lalu, utamanya dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat, serta pemanfaatan lahan pekarangan. Sehingga diminta kepada Ketua TP PKK Kecamatan untuk mengarahkan seluruh kader PKK yang tersebar di Kecamatan masing-masing untuk menjadi energy penggerak peempuan di level Kampung hingga dasa wisma.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama yang baik pada Ketua TP PKK Kecamatan Negeri Besar, Negara Batin, Bahuga dan Buay Bahuga sebelumnya atas kontribusinya dalam menguatkan ketahanan keluarga, melalui Implementasi Program-Program Pokok PKK, utamanya dimasa-masa sulit Pandemi Covid-19 lalu. Serta kerjasama yang terud dibangun melalui kegiatan sosial, peningkatan pengetahuan, memaksimalkan peran Posyandu untuk terus menekan angka stunting, pemberdayaan ketahanan keluarga dan lain sebagainya”, imbuh Bupati Adipati.

Selain itu, Bupati Way Kanan itu juga optimis dengan langkah beriringan antara organisasi kemasyarakatan, Pemerintah serta berbagai elemen masyarakat, akan tercipta masyarakat yang unggul dan sejahtera. Tentunya dengan TP PKK yang semakin mengimplementasikan program-program yang bagus guna mencapai motto Pemerintah Kabupaten Way Kanan yakni Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

“Saya berharap kepada para Camat sebagai Pembina TP PKK Kecamatan yang baru untuk senantiasa memberikan support, bimbingan dan dukungan terhadap TP PKK di Kecamatan masing-masing dalam melaksanakan Sepuluh Program Pokok PKK dengan para Pemangku Kepentingan, Saya yakin pelaksanaan berbagai program kerja dapat berjalan dengan baik, dengan kebermanfaatan yang lebih luas”, tutur Bupati Adipati.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK, Ny. Dessy Adipati mengatakan TP PKK adalah miktra Pemerintah dan organisasi/lembaga kemasyarakatan lainnya yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK. Untuk itu, diharapkan TP PKK Kecamatan untuk dapat melanjutkan tugas mewujudkan visi misi Gerakan PKK, melaksanakan Sepuluh Program Pokok PKK, fokus kepada program-program PKK yang telah ditetapkan dan juga memperhatikan beberapa Program prioritas, yaitu Upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, Penurunan Stunting, dan Ketahanan Ekonomi Keluarga.

“TP PKK harus mampu menggerakkan masyarakat sehingga menjadi berdaya, juga harus mampu mengupayakan peningkatan kesejahteraan diri, keluarga dan lingkungannya. Saya minta kepada para Ketua TP PKK Kecamatan agar dapat menjadi motor penggerak bagi anggotanya dan segenap masyarakat di wilayahnya, sehingga pemberdayaan keluarga dalam rangka meningkatkan masyarakat dapat terwujud secara riil dan merata, melalui implementasi 10 Program Pokok PKK”, ujar Dessy Adipati.

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perikanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Perhubungan seta Pimpinan Kecamatan dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. (Sarnubi)

scroll to top