Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Pengajian Akbar Bersama Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi di Kabupaten Way Kanan

download-1-1.jpeg

Way Kanan, benuanews.com – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Pengajian Akbar Bersama Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi di Kabupaten Way Kanan, Senin (20/05/2024) di Lapangan Sri Wijaya Kecamatan Baradatu.

Menyampaikan sambutannya, Bupati Adipati atas nama masyarakat dan Pemkab Way Kanan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung kehadirannya di Bumi Ramik Ragom sehingga dapat bertatap muka dan bersilaturahmi langsung bersama masyarakat. Diharapkan silaturahmi tersebut akan semakin memperlancar komunikasi antar Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan umat Islam, sehingga mampu memperkokoh ukhuwah islamiyah yang bermuara pada terpeliharanya persatuan dan kesatuan di Kabupaten Way Kanan.

“Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Gubernur Lampung atas pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Way Kanan. dimana tentunya pembangunan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan sumbangsih yang luar biasa bagi kami, segenap Pemkab dan masyarakat Way Kanan”, ujar Bupati Adipati.

Selain itu, Bupati Way Kanan itu juga berharap dengan kehadiran Gubernur Lampung mampu membangkitkan semangat dan etos kerja, sehingga mampu memberikan perubahan ke arah yang lebih baik, guna tercapainya peningkatan kinerja tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung terwujudnya birokrasi efisien, efektif dan rasional sesuai tuntutan Reformasi Birokrasi, sehingga tujuan menjadikan Way Kanan yang unggul dan sejahtera menuju Lampung Berjaya dapat segera terwujud.

Pada kesempatan yang sama, beberapa hal disampaikan oleh Gubernur Lampung pada pengajian tersebut, diantaranya untuk terus membangun kehidupan masyarakat yang baik, masyarakat yang religius. Membangun kehidupan yang aman, tentram, stabil dan damai, serta mempererat persaudaraan, persatuan dan kerukunan dengan sesama.

“Kabupaten Way Kanan bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga sebuah bagian yang tak terpisahkan dari identitas dan jati diri Saya. Dari sini saya belajar, tumbuh dan menjadi siapa saya hari ini. Untuk itu, Saya memiliki kewajiban moral dan tanggungjawab pribadi untuk berkontribusi sebesar-besarnya dalam upaya memajukan daerah ini”, ujar Gubernur Arinal.

Secara sadar sepenuhnya bahwa pembangunan sebuah daerah tidaklah bisa dilakukan sendiri, dibutuhkan kerjasama, kolaborasi dan dukungan dari semuah pihak, mulai dari Pemerintah, masyarakat hingga para Pemangku Kepentingan lainnya. Untuk itu, pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung memberikan bantuan berupa :

– Bantuan Masjid;

– Bantuan benih Jagung 2.971 Ha;

– Bantuan B2SA (1 Desa);

– Restocking Benih Ikan (Sungai Way Besai dan Sungai Way Umpu);

– Irigasi Perpompaan 16 Unit;

– Penyerahan Sertifikat Halam UMKM;

– Penyerahan Sertifikat Tanah;

– Bantuan Telur kepada 5 Ponpes sebanyak 3600 butir;

– Bantuan Pupuk kepada Petani Tebu seluas 200 Ha;

– Bantuan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku serta BOP Vaksinasi PMK;

– Bantuan 3 unit Kursi Roda;

– Bantuan Bola;

– Bantuan Kemasan Produk untuk Industri Kecil Menengah (IKM);

– Operasi Pasar : beras murah (kuora per-OP 5-10 Ton/1000-2000 Kantong, isi 5 Kg/kantong Minyak, Tepung, Gula)

Selain itu, dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani melalui peningkatan produksi pertanian, Pemprov Lampung telah menandatangani kesepakatan kerjasama penyaluran Pupuk Non Subsidi untuk mengatasi kekurangan pupuk bersubsidi serta untuk komoditi yang tidak mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi. Dimana Penyaluran pupuk Non subsidi bagi petani yang tergabung dalam e-KPB dilakukan melalui Bumdes langsung dari PT. Pusri Palembang, sehingga dapat memutus rantai pemasaran yang panjang sehingga harga akan lebih terjangkau.

“Melalui berbagai bantuan yang kami berikan tersebut, saya berharap dapat mendukung berbagai program pembangunan yang telah dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan. Saya percaya bahwa dengan kerja sama yang solid, kita dapat mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan merata di seluruh wilayah”, tutur Gubernur Lampung.

Diketahui, pada Tahun 2024 ini, Gubernur Lampung mengungkapkan sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Way Kanan dengan menggelontorkan anggaran Rp 107 Miliar, yang meliputi :

– Rehabilitasi Jalan Ruas Sp. Empat – Blambangan Umpu (Link.076)

– Rehabilitasi Jalan Ruas Bumiharjo – Sp. Way Tuba (Link. 080)

– Preservasi Jalan Ruas Serupa Indah – Tajab (Link. 084)

– Preservasi Jalan Ruas Sp. Soponyono – Serupa Indah (Link. 082)

– Rekonstruksi Jalan Ruas Kasui – Air Ringkih (Bts. Sumsel) (Link. 075)

– Rekonstruksi Jalan Ruas Tegal Mukti – Tajab (Link. 088)

– Rekonstruksi Jalan Ruas Tajab – Adijaya (Link. 089)

– Penggantian Bangunan Atas Jembatan Way Nibung II

– Penggantian Jembatan Way Langka

Sebelum menghadiri Pengajian, Gubernur Lampung didampingi Bupati Way Kanan menyambangi Posko Kesehatan dan mengunjungi kegiatan Pasar Murah yang diselenggarakan Pemprov Lampung sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi daerah. (Sarnubi)

scroll to top