Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Dekranasda Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan

download-2.jpeg

WAY KANAN, benuanews.com – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Dekranasda Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan di Hotel Almer Kecamatan Baradatu, Rabu (25/10/2023).

Disampaikan bahwa permasalahan sampah menjadi problema klasik yang selalu dihadapi oleh masyarakat dimanapun berada tidak terkecuali di Kabupaten Way Kanan. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan sampah plastik adalah dengan melakukan kegiatan daur ulang. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan kegiatan tersebut, dengan tujuan melatih dan memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dan remaja yang ada di Kecamatan Baradatu, Kecamatan Umpu Semenguk dan Kecamatan Blambangan Umpu tentang cara memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang dapat dijadikan sebagai usaa sampaingan untuk menamba pendapatan keluarga.

“Kegiatan ini juga untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menciptakan usaha sampingan yang dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah. Apresiasi juga saya sampaikan atas nama pribadi dan Pemkab Way Kanan kepada Ibu Arif Voni beserta tim dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang telah berkenan hadir ke Kabupaten Way Kanan guna mentransfer ilmunya untuk masyarakat Kabupaten Way Kanan dalam hal pemanfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan”, ujar Bupati Adipati penerima Penghargaan Adipura Tahun 2022.

Diketahui, sampah platik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam, selain itu jumlahnya cenderung semakin banyak.(yudi)

scroll to top