Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah melakukan Penanaman Pohon Serentak Dalam Rangka HUT Ke-25 Kabupaten Way Kanan

download-2.jpeg

WAY KANAN, benuanews.com – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah melakukan Penanaman Pohon Serentak Dalam Rangka HUT Ke-25 Kabupaten Way Kanan di Taman Kehati Pemkab Way Kanan, Jum’at (26/04/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah nyata Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam menghadapi ancaman yang kuat yang kian nyata dari perubahan iklim akibat pemanasan global yang dampaknya sangat berbahaya bagi keberlangsungan kehidupan manusia dan lingkungan. Penyebab utama pemanasan global adalah lepasnya emisi gas rumah kaca (GRK) ke udara yang memerangkap panas matahari di dalam lapisan permukaan bumi.

Salah satu faktor yang menyebabkan lepasnya emisi GRK adalah berkurangnya pohon akubat penebangan hutan/lahan dan berkurangnya Ruang Tebuka Hijau yang menyebabkan penyerapan emisi GRK diudara menjadi tidak optimal. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Way Kanan beserta Forkopimda, Instansi Vertikal melakukan Gerakan Penanaman Pohon Serentak dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Way Kanan Ke-25 Tahun 2024 ini. Selain dilakukan penanaman pohon secara serentak di Taman Kehati Pemkab Way Kanan, penanaman pohon serentak juga dilakukan di lingkungan OPD, dan di Kantor Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan.

Disela kegiatan tersebut, Bupati Adipati menyampaikan bahwa pohon berfungsi penting dalam upaya menekan kenaikan gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama pemanasan global yang menimbulkan perubahan iklim. Pohon yang ditaman yaitu Pohon Trembesi yang dikenal dengan kemampuan dedaunnya untuk menyerap polutan dan Karbondioksida (CO2) secara maksimal. Pohon tersebut nantinya dapat memperbaiki kualitas udara disekelilingnya.

“Kegiatan menanam pohon sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran semua pihak untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau, dan lestari. Saya juga mengajak kepada seluruh Stakeholder dan masyarakat Kabupaten Way Kanan untuk ikut serta menanam pohon untuk mengurangi pemanasan global, sehingga yang kita lakukan pada hari ini dapat memberikan manfaat terhadap lingkungan dan untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang”, ujar Bupati Adipati.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekda Saipul, sambil melakukan penanaman pohon, dirinya mengatakan bahwa Pemkab Way Kanan terus berkomitmen untuk berupaya melakukan sosialisasi, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim melalui pembentukan Kampung Iklim di Kabupaten Way Kanan. Dimana hingga Tahun 2024 ini, Kabupaten Way Kanan memiliki sebanyak 36 Kampung Iklim yang tersebar di Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan.

“Nantinya, kedepan kita akan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menanam pohon di halaman rumahnya dan menambah Ruang Terbuka Hijau seperti taman-taman yang ada di Kampung-Kampung”, imbuh Sekda Saipul.

Turut serta pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul beserta jajaran TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan, para Staf Ahli Bupati, Asisten Setda dan para Kepala OPD. (Sarnubi)

scroll to top