Bupati Dompu Hadiri Serah Terima Program Kotaku Dan Pisew Dari Kementerian PUPR

IMG-20211215-WA0018.jpg


Rabu, 15 Desember 2021

Dompu,NTB Benuanews.com Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat menerima Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia di Wakili Kepala BPPW Wilayah Nusa Tenggara Barat

Penyerahan program berlangsung Selasa, (14/12/21) pukul 14.30 Wita – Selesai di Aula Pendopo, dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Anggota Forkompimda, Kepala BPPW Wilayah NTB dan Jajarannya, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kepala Bagian Setda, Camat, Lurah, Kades dan pejabat lainnya.

Bupati Dompu Kader Jaelani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR yang telah menghadirkan Program Kotaku dan Pisew. Menurut Bupati kedua program tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan daerah. “Dengan hadirnya kedua program ini saya berterima kasih kepada Pemerintah Pusat”, ucapnya.

Tanda Tangan Berita Acara Serah Terims Kegiatan Program Pisew dan Program Kotaku. (Dok. prokopim)
Berikutnya Bupati terpilih dalam pesta demokrasi lima tahunan tahun 2020 ini menyampaikan dalam memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat masyarakat dukungan dari pemerintah atasan baik Provinsi maupun Pusat sangat dibutuhkan kehadirannya, dan kini program Kotaku dan Pisew bisa hadir di daerah dengan motto Nggahi Rawi Pahu ini.

Kata Bupati, adanya berbagai program dan kegiatan dari Pemerintah baik Provinsi ataupun Pusat merupakan satu bukti kepercayaan yang diberikan Pemerintah atasan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

“Dengan Visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) melalui Program Jarapasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan), Pemerintah Daerah terus menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah atasan untuk menghadirkan program dan kegiatan pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan daerah, salah satunya program Kotaku dan Pisew ini, untuk mewujudkan harapan yang baik ini Pemda Kabupaten Dompu harus bergandengan tangan dengan pemerintah atasan”, terangnya.

Serah Terima ditandai dengan penandatanganan secara simbolis Berita Acara Serah Terima kegiatan KOTAKU dan PISEW, antara BKM ke PPK dan Kepala Satker ke Perwakilan Kepala Desa, yang disaksikan oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW).
Disela waktu, Kasatker BPPW Wilayah NTB, Lely Apriani, ST., MT, menyampaikan menyampaikan penanganan Program Kotaku dan Pisew di Kekurahan Bali I Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat ini adalah penanganan yang bersifat reguler dalam skala lingkungan dengan anggaran 1 Desa dengan anggaran sebesar 1 Milliar Rupiah.

Sambutan Ketua Kepala BPPW NTB Lely Apriani, untuk penanganan kawasan kumuh di perkotaan ditangani melalui program Kotaku dan untuk penanganan yang berpotensi secara ekonomi nasional ditangani oleh cash for work (CFW) padat karya tunai. “Kedua program ini lebih banyak memberikan upah-upah kepada masyarakat khusunya masyarakat yang terkana dampak covid-19”, tandasnya.

Ketua Pokja PKP Kabupaten Dompu yang juga Kabid Fisik Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu menejlaskan juga terkait Program Kotaku dan Pisew. Dalam uraiannya Kabid Fisik  Program KOTAKU di Kabupaten Dompu mendapatkan alokasi anggaran sebesar 1 milyar rupiah.

Menurut wanita cantik yang akrab disapa Aca Suad ini, sasaran program Kotaku di daerah ini antara lain dilaksanakan dengan penataan perumahan, jalan lingkungan, air minum, sanitasi, drainase dan penanganan sampah.

Kepala Bappeda Kabupaten Dompu, Kabid Fisik Bappeda, Anggota BPPW NTB.

“Pengembangan insfrastruktur yang telah dilakukan, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, program yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan dalam pengurangan kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran terbuka dan juga ikut membantu Pemerintah Kabupaten Dompu dalam mewujudkan visi Dompu Mashur”, tuturnya.

Kegiatan serah terima Program Kotaku dan Pisew antara kementrian PUPR dan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu berlangsung khidmat, aman, tertib, dan lancar ditandai dengan penandatanganan secara simbolis berita acara serah terima kegiatan KOTAKU dan PISEW antara BKM ke PPK dan Kepala SATKER ke perwakilan Kepala Desa yang di saksikan oleh Kepala Balai prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Nusa Tenggara Barat (Ahmadin)

scroll to top