Pemkab Bojonegoro Siapkan Bansos Untuk PKL Terdampak PPKM

Polish_20210723_175648171.jpg

Bojonegoro Siapkan Bansos Untuk PKL

Bojonegoro,- Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro menyiapkan bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari Kementerian Sosial. Rencananya bantuan ini diberikan kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Kepala Dinsos Kabupaten Bojonegoro Arwan menyatakan ada tiga sumber bansos formal yang diperuntukkan bagi PKL. Yakni dari Kementerian Sosial melalui Mabes TNI, Mabes Polri, dan Dinas Sosial.(23/07/2021)

“Untuk penyaluran di tngkat desa melalui Polres, TNI dan Dinas Sosial Kabupaten/kota,” ucapnya

Arwan menjelaskan adapun pembagian dari Kodim dan Polres masing-masing mendapat 1.000 paket atau sebanyak 5 ton beras.
Sementara itu, Dinas Sosial sendiri mendapat jatah 3.000 paket, di mana saat ini masih dalam pendataan bagi penerima bansos. Dinsos juga melakukan koordinasi dengan Bulog untuk menyiapkan bansos tersebut.

“Nantinya bantuan tersebut berupa beras sebanyak 5 kg,” ujarnya.

Arwan juga menjelaskan penerima bantuan beras 5 kg adalah mereka yang tidak menerima atau di luar penerima tiga jenis bansos yang selama ini sudah berjalan, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Nantinya penerima bansos tersebut diutamkan untuk para PKL, pedagang pasar dan pegawainya,” jelasnya.

Ia juga berharap dengan bantuan beras, diharapkan memenuhi sebagian kebutuhan pokok para PKL yang terdampak pandemi.(Jion/red).

scroll to top