Bersama TNI-Polri, Pemkab Labuhanbatu Peringati Hari Keluarga Nasional Ke 31

AddText_08-15-07.35.56-1.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumut – Berkolaborasi dengan TNI-POLRI, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyelenggarakan puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 yang dirangkaikan dengan Baksos TNI-KB Kes, kegiatan ini di selenggarakan di lapangan apel Makodim 0209/lb Jalan Pramuka Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara, Kamis (15/8/2024).

Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, menyampaikan, dalam rangka mencapai tujuan peringatan harganas ke-31 yakni mengoptimalkan sinergi gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting, kiranya pesan kunci yang disampaikan dapat diimplementasikan dalam bentuk cerita atau kisah sukses praktik baik dari setiap intervensi penurunan stunting. pesan atau materi tersebut diharapkan dapat dikumpulkan, di glorifikasi dan menjadi inspirasi bagi sasaran penerima pesan dan keluarga Indonesia untuk bergerak berbuat, beraksi secara sinergis, mencegah stunting sesuai dengan tujuan Indonesia emas 2045.

Hj. Ellya Rosa berpesan, ” Melalui peringatan harganas mari kita jaga keluarga kita dengan mempersiapkan calon ibu agar sehat, memastikan agar remaja putri dan ibu hamil aktif minum tablet tambah darah, dan agar ibu hamil teratur periksa kehamilan”.

Menurut Hj Ellya Rosa, Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 dan pencanangan bakti sosial TNI-KB Kesehatan Labuhanbatu tahun 2024 ini merupakan satu kesatuan momentum yang tidak terpisahkan dalam mendukung program bangga kencana yang saling berkaitan satu sama lain, oleh sebab itu mari sama-sama kita melibatkan diri untuk membantu pemerintah dalam pencegahan dan penurunan stunting untuk menciptakan keluarga yang berkualitas.

Diakhir arahanya, Plt Bupati mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar TNI Kodim 0209 Labuhanbatu yang terus berkomitmen dan bersinergi dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, hal ini merupakan contoh nyata sinergi antara pemerintah rakyat dengan TNI – Polri sesuai mottonya bersama rakyat TNI kuat, mari terus kita jalani kerjasama ini untuk mewujudkan labuhanbatu yang sejahtera hebat dan berdaya 2025. Pungkasnya.

Panitia pelaksana kegiatan Hj. Mahrani S.K.M, mengatakan, peringatan Harganas sendiri baru mendapatkan legalitasnya pada tanggal 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden (KEPPRES RI) Nomor 39 Tahun 2014.

Tema Hari Keluarga Nasional ke-31 pada tanggal 29 Juni 2024 adalah “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”. Harganas tahun 2024 menjadi komitmen pemerintah dalam membangun sumber daya manusia lewat keluarga berkualitas.

Tujuan dari Seremonial ini yaitu mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting tunting.

Adapun rangkaian dari kegiatan ini yaitu Pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) Tahun 2024. Pelayanan KB di Booth Program, Pameran Program Bangga Kencana dan PPS (Booth Program). ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0209/lb, Letkol Inf Yudi Ardyan Saputro, menyatakan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi TNI, karena kedua momen yang sangat penting dan berharga ini dilaksanakan di lapangan makodim 0209/LB, hal ini menunjukkan bahwa TNI senantiasa berkomitmen terhadap berbagai program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dikatakan Dandim, Salah satu strategi pemerintah dalam meningkatkan cakupan program keluarga berencana adalah melalui momentum bakti sosial TNI KB kesehatan yang dimulai sejak bulan Juni hingga September setiap tahunnya, dalam hal ini TNI mengambil peran melakukan kegiatan komunikasi menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat agar turut serta dalam program Keluarga berencana.

Sebagaimana mitra strategis jajaran TNI Angkatan Darat melalui Babinsa yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat akan terus berupaya mendorong masyarakat agar ikut ber KB serta menjalin kemitraan dengan dorongan sinergistas dan komitmen dari semua pihak untuk mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas sesuai dengan tema harga emas tahun ini yaitu menuju Indonesia emas bebas stunting.

Keberhasilan program bangga kencana dapat dinilai dari keberhasilan membatasi jumlah kelahiran dan mengatur jarak kelahiran antara anak serta sejauh mana program bangga kencana mampu mendorong perkembangan kualitas sdm yang makin profesional dan mampu bersaing di era pasar bebas.

TNI bersama masyarakat menyambut baik kegiatan ini sejalan dengan slogan bersama rakyat TNI kuat maka momen pencanangan bakti sosial TNI KB-kes memiliki peran strategis di mana anggota TNI diharapkan menjadi pelopor, motivator dan dinamikator dalam melaksanakan program bangga kencana.

Mari kita sukses dengan program Keluarga berencana dua anak cukup bahagia sejahtera salam Pungkasnya.

Terlihat hadir mengikuti kegiatan tersebut, para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu, para kepala OPD, Camat se-Kabupaten Labuhanbatu, Lurah se- Kecamatan Rantau Utara, Kapus, Ketua Persit, Adhyaksa Darma Karini, Dharmawanita, Danramil 08 Rantauprapat, dan tamu undangan lainnya. (*)

scroll to top