Bantuan UMKM Tahap 7 Telah Dibuka oleh Kabupaten Karanganyar.

WhatsApp-Image-2020-10-21-at-20.45.55.jpeg

KARANGANYAR-Jawa Tengah-(Benuanews.com). “Bantuan UMKM pada Tahap 7 telah dibuka mulai hari ini”, kata Adolfus Joce Bau sebagai Kabid Koperasi dan UMKM Disdagnakerkop Kabupaten Karanganyar pada hari Rabu (21/10/2020). Kabupaten Karanganyar pada tahap 6 telah membantu kepada para pelaku UMKM sebanyak 5.962. “Tahap 6 sudah berakhir pada Kamis (15/10/2020) kemarin”, katanya kepada reporter benuanews.

Data 5962 pelaku UMKM telah dilaporkan ke Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Koperasi dan UMKM dan sudah terverifikasi. Bagi calon pendaftar UMKM Tahap 7, pelaku usaha dapat mengunduh formulir pada link: https://bit.ly/pendataanukmkaranganyar. “Silahkan bagi pendaftar dilayani mulai pukul 06.00 sudah dibuka. “Ya mulai dibuka pukul 06.00 silahkan menumpuk data”, katanya.

Pendaftaran online buka 24 jam tetapi untuk penyerahan pemberkasan dapat dilakukan pada jam kerja. “Pengumpulan berkas tidak harus orangnya sendiri, dapat dititipkan”, kata salah satu petugas admin. Diharapkan para pendaftar tidak menggunakan identitas ganda. Bisa juga terjadi NIK KK pemohon dapat dipakai oleh orang lain. Sementara pemohon merasa tidak mengajukan, tetapi KK nya dipakai oleh orang lain.

Bagi pemohon bantuan UMKM sebaiknya melakukan pendaftaran sendiri atau didampingi keluarganya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi formulir permohonan. “Bagi warga yang sudah usia lanjut seringkali menemui kesulitan dalam kelengkapan pengisian formulir dan kelengkapan data” kata salah seorang yang ikut antri.

Sutarti (47th) salah satu pemohon bantuan UMKM telah mengajukan pendaftaran mulai Tahap 1 hingga tahap 5. “Saya belum mendapatkan, baru tahap 6 ini”, katanya. “Bantuan pemerintah ini akan digunakan untuk menambah permodalan terutama untuk membeli alat-alat produksi dan bahan bahan yang dibutuhkan”, lanjut Sutarti warga Colomadu Karanganyar. Dia dan 6 orang kawanya mengalami PHK sejak 10 bulan lalu dan merintis buka warung nasi di sekitar pabrik dekat rumahnya.

Isian data yang harus diisi di Formulir menyangkut:
1). Nama lengkap:
2). Nomor NIK KTP:
3). Nomor KK (Kartu Keluarga):
4). Nomor telepon (WA atau SMS:
5).Tanggal lahir (bulan, hari, tanggal):
6).Umur:
7).Alamat lengkap (dusun/dukuh, rt,rw,desa):
8).Kecamatan:
9).Nama usaha/UKM:
10. Nomor IUMK atau SKDU:
11. Jenis Usaha:
12. Umur Usaha (dalam bulan,tahun):
13. Indikator Usaha:
14. Modal Awal Usaha:
15. Aset (tidak termasuk tanah dan bangunan:
16. Omzet (perbulan):
17. Volume Usaha/Kapasitas Produksi(contoh:100 boks per bulan/100 bungkus perhari:
18. Laba Usaha:
19. Jumlah Karyawan Pria:
20. Jumlah Karyawan Wanita:
21. Indikator Lain (Akses Perbankan):
22. Nama Bank:
23. Nomor Rekening:
24. Tanggal Saldo Terakhir:
25. Jumlah Saldo Sampai Saat Ini:
(Kontributor:barry)

scroll to top