AUDIENSI KEMENSOS BERSAMA PEMKAB MENTAWAI

IMG_20220517_100413-1-scaled.jpg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Berawal dari kegundahan penyelenggaraan sosial di Kabupaten Kepulauan Mentawai sehingga terselenggara Audiensi Terkait Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Tagana Masuk Sekolah dan Lumbung Sosial di Aula Bappeda Tuapejat.(17/05/2022).

Dua Narasumber dalam Audiensi tersebut yaitu Rosita Tri Haryanti (Direktorat Komunitas Adat Terpencil dan Kewirausahaan Sosial/Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial) dan Muhammad Tahir (Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam/Direktorat JendralPerlindungan dan Jaminan Sosial unit ). Dan bertindak selaku moderator Asisten Pemerintahan dan Kesra Mentawai Nurdin, S.Sos.

Dalam Audiensi tersebut Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial yang sudah berkenan datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Awalnya kita Pemda Mentawai berencana datang ke Jakarta untuk beraudiensi dengan Kementerian Sosial terkait kondisi dan permasalahan di daerah kita. Namun yang terjadi malah Kementerian Sosial yang datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan membawa program. Di dalam program itu ada bantuan sekitar 4 miliar. Program lumbung sosial, program kewirausahaan dan program-program lainnya.”

Kortanius juga memaparkan tentang kondisi masyarakat dan geografis Mentawai dan tidak memungkiri bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai telah begitu banyak mendapatkan bantuan dari pusat untuk melepaskan Mentawai dari kondisi 3T.

Dalam kesempatan tersebut Rosita Tri Haryanti menyampaikan tentang apa yang akan diberikan Kementerian Sosial untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Dengan SOTK yang baru, sekarang bukan hanya memperdayakan tetapi nanti akan diperkuat dengan program kewirausahaan sosial. Kita terus berupaya agar setiap program pemerintah dalam meningkatkan kemandirian ekonomi dan sosial masyarakat.”

“Dalam SOTK yang baru bantuan untuk komunitas adat terpencil nantinya tidak lagi diberikan per- KK, tapi penyalurannya dilakukan secara kelompok, seperti balai sosial, yang sudah kita lengkapi sarana dan prasarananya,” ungkap Rosita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, Dandim 0319/Mentawai yang diwakili Kasdim Husnil Nst, Perwakilan Polres Mentawai, Kejari Mentawai, Basarnas, Kepala RSUD, Kepala OPD.(W).

scroll to top