Antusiasme Warga Desa Waikewak Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

Flores Timur 13 Juni 2021 Benuanews.com-Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (HIMATHRIK) Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) yang terletak di Kelurahan Waibalun, Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur.

Gelar kegiatan PKM berlangsung di Desa Waikewak Kecamatan Adonara Barat. Kegiatan yang berlangsung Selama 9 – 11 Juni 2021 ini dengan Tema “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Pengolahan Hasil Laut”

Maria Antonia Margaretha Fernandez selaku dosen pendamping menjelaskan bahwa kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM ini merupakan salah satu kegiatan penting bagi mahasiswa program studi Teknologi Hasil Perikanan sekaligus menjalankan Tri Darma perguruan tinggi.

Maria Antonia Margareta juga menyampaikan bahwa mahasiswa datang ke disini jelas bagian dari tri Darma perguruan tinggi.

Lanjut Margareta Mahasiswa yang telah menimba ilmunya di Kampus akan diterapkan langsung kepada masyarakat dan nanti masyarakat saksi sendiri. Mahasiswa melaksanakan kegiatan ini guna untuk membagi ilmu yang mereka dapat dan menerima ilmu yang mereka belum dapat di kampus tuturnya.

Saya selaku Dosen pendamping mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini tentunya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat desa Waikewak ini kecamatan Laruntuka Barat kabupaten Flores Timur atas antusiasme masyarakat yang menerima kami disini. Kegiatan ini sebanyak 37 Mahasiswa yang terdiri dari semester 2-4 dan 6.
Sementara itu ketua HIMATHRIK Jimy Ritan menyampaikan kepada media Benuanews.com kegiatan PKM ini merupakan kegiatan pertama bagi saya dan teman karena sebelumnya kami belum mengikuti kegiatan seperti ini sehingga kami sangat bangga walaupun dengan persiapan yang sederhana dan terbilang cukup cepat tapi berjalan dengan lancar dan hasilnya pun baik.

“Saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak kepala desa bersama jajarannya yang telah menyambut kami dengan baik dan juga kepada bapak ibu yang telah bersedia menerima kami di rumah masing-masing, Semoga apa yang kami berikan bagi masyarakat Desa Waikewak ini kedepannya dapat di kembangkan menjadi suatu usaha oleh ibu-ibu Dasawisma dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) Desa Waikewak guna menambah peluang usaha dan penghasilan tutupnya”
Sementara itu SAYFUDIN ALI selaku kepala desa Waikewak berharap agar seterusnya antara kampus (Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka) IKTL dan masyarakat Desa Waikewak tetap terjalin silaturahmi dan kerjasama yang baik sehingga jika ada mahasiswa dari IKTL yang ingin melakukan kegiatan semacam PKM atau PKL bahkan KKN, masyarakat desa Waikewak siap menerima dengan ikhlas karena dengan ini merupakan salah satu cara kita membangun IKTL dan Flores Timur.

Sayfudin juga menyampaikan saya atas nama masyarakat Desa Waikewik berterimah kasih kepada mahasiswa yang telah datang membagi ilmunya kepada Masyarakat Desa ini.

Laporan Dasilva

scroll to top