AKIBAT KEMARAU, KEBAKARAN LAHAN KEMBALI TERJADI

Screenshot_20220410_1753542-1.jpg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Akibat kemarau yang berkepanjangan, kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kebakaran yang terjadi pada Minggu, 10/04/2022 sekitar pukul 14.30 Wib berlokasi di Dusun Turonia Km 5 Desa Tuapejat Kec. Sipora Utara atau tepatnya lebih kurang 2 km di belakang rumah Camat Sipora Utara Marsen, membakar lahan seluas 1/2 ha.

Kabid Kedaruratan BPBD Mentawai Amir Ahmari menyebutkan bahwa kebakaran dapat diatasi sekitar 30 menit karena tidak adanya sumber air disekitar lokasi.

“Medan atau jalan untuk menuju kelokasi hanya jalan setapak, yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dan mobil damkar tidak bisa masuk. Kami sudah membawa mesin pompa, namun terkendala dengan tidak adanya sumber air disekitar lokasi. Dengan berbagai cara, akhirnya api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.00 Wib,” ungkap Kabid

“Kerugian dan korban jiwa dilokasi tidak ada, sedang penyebab kebakaran tidak diketahui,” imbuhnya.

“Dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran dalam membuka atau membersihkan lahan dan kepada masyarakat agar tidak membuang sembarangan puntung rokok di areal-areal kering seperti semak-semak dll,” pungkasnya.

Alat yg digunakan yakni 2 unit mobil damkar dan 2 unit mobil tangki BPBD yang melibatkan Tim Pelaksana Pemadaman Karhutla yaitu Satgas BPBD, Damkar dan Masyarakat.(W).

scroll to top