Agar Lebih Profesional Lagi Dalam Pemberitaan Pewarta Solok Selatan Dibekali Pelatihan Jurnalistik Oleh Humas Kabupaten Solok Selatan

20201216_190408.jpg

Solok Selatan, Benuanews.com— Pewarta harus bisa membuat berita sesuai dengan unsur-unsur dalam 5W1H meliputi What (apa)Where (dimana)When (kapan)Who (siapa)Why (mengapa)How (bagaimana). Setelah memahami cara pembuatan berita pewarta juga harus profesional dalam pemberitaan.

Pemerintah kabupaten Solok Selatan Sumbar, melalui Bagian Humas telah selesai menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik. Pelatihan jurnalistik khusus diberikan kepada pewarta yang melakukan peliputan di daerah tersebut.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari ( 14-16 Desember 2020) bertempat di salahsatu hotel di Bukittinggi. Ketua pelaksana kegiatan, Rita Anggraini, pada pelaporan singkatnya mengatakan, kegiatan pelatihan Jurnalistik yang di adakan bersumber dari dana APBD Solok Selatan. Kegiatan pelatihan di adakan Bagian Humas sudah menjadi agenda tahunan.

Disamping itu Kabag Humas Sekdakab Solok Selatan, Firdaus Firman yang langsung membuka kegiatan pelatihan tersebut dalam sambutan singkatnya mengatakan, tujuan dari kegiatan pelatihan jurnalistik adalah untuk memberikan motivasi kepada si pewarta agar makin rajin dan kreativ dalam menulis. Wartawan yang profesional katanya adalah wartawan yang mau menulis, sekalipun apa yang ditulisnya ada kesalahan-kesalahan, semisal penempatan tanda titik atau koma, namun itu adalah hal yang biasa.

Dikesempatan tersebut, Firdaus juga menginformasikan bahwa terhitung pada Januari tahun 2021 anggaran publikasi akan dipindahkan ke Dinas Kominfo. Dengan demikian wartawan akan lebih banyak berinteraksi Dinas Kominfo. Sementara Bagian Humas akan fokus untuk mengurusi publikasi kepala daerah.

Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut memberikan wejangan tiga materi, pertama tentang menulis yang efektif dan menulis feature oleh Rifa Yanas dari tagar.id yang di moderatori oleh Hendrivon, Peran Pers dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Publik oleh Tanti Endang Lestari, yang di moderatori langsung oleh Kabag Humas Firdaus Firman, dan terakhir tentang fotografi oleh Erison J Kambari yang menjadi moderator Afrizal Amir.

Ketua PWI Solok Selatan, Hendrivon yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan tersebut mengapresiasi Bagian Humas Setdakab Solsel, yang telah ikut berperan banyak dalam meningkatkan ilmu jurnalistik si pewarta yang melakukan kegiatan peliputan di Kabupaten Solok Selatan.

Dia berharap kepada 28 orang wartawan yang ikut serta dalam pelatihan tersebut agar bisa menjadi wartawan yang profesional seperti yang dikatakan Kabag humas Firdaus Firman. ( Helfi Yulinda )

scroll to top