LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN ILIR  – PROVINSI SUMATERA SELATAN

literas6.jpeg

Senin, 08November 2021, Jam 13.00 WIB

Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KONTEN DIGITAL: HAK CIPTA DAN ETIKA yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Hak Cipta adalah hak eksklusifpencipta yang timbul secaraotomatis setelah karya diwujudkandalam bentuk nyata dandipublikasikan. Ciptaan yang harus dilindungi antara lain buku dan karya tulis, musik dan lagu, karya seni rupa, fotografi, audio visual, drama dan koreografi, program komputer, dan lain-lain. Untuk menghindari pencurian inovasi, daftarkan kekayaan intelektual kita untuk mendapatkan hak paten, menurut Dr. Ana Mariani, M.Si Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka Malang. Juwairia, S.Pd mengemukakan hak privasi dan data pribadi ialah kebebasan dalam ruang gerak, kerahasiaan data pribadi, kerahasiaan terhadap properti, dan kerahasiaan terhadap komunikasi.

Djaka Dwiandi P Praktisi Digital menjelaskan kecakapan digital atau digital skill, mengetahui memahami menggunakan perangkat piranti lunak. Urgensi perlindungan rekam jejak digital ialah kegiatan tindakan kontribusi digital komunikasi yang unik dan dibuat perangkat digital internet. Reni Januarti juga menjelaskan media Sosial merupakan sebuah media daring yang digunakan satu sama lain, yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Inta Oceania sebagai Presenter dan Vlogger yang memberikan sharing session, konten digital: hak cipta dan etika. Untuk menghindari akibat hukum, jangan sampai menggunakan karya orang lain yang telah dipatenkan. Red 2

 

scroll to top