Menawan: Program Prioritas Perkuat Pesantren

IMG-20240916-WA0065.jpg

Merangin.(Benuanews.com)- Citra religius yang melekat kepada Nalim, bukan isapan jempol belaka. Ia berkomitmen untuk memperkuat kapasitas dan pesantren di Kabupaten Merangin.

Senin (16/9) siang, Nalim & Nilwan Yahya menggelar pertemuan dari puluhan pimpinan pondok pesantren. Silaturrahmi digelar sembari makan siang di salah satu rumah makan di bilangan Desa Sungai Ulak Kecamatan Nalo Tantan.

“Sayo dan Pak Nilwan akan memperkuat pesantren. Kita sudah punya Perda Pesantren sebagai payung hukumnya. Tinggal kebijakan saja, pesantren pasti bisa kita bantu,” kata Nalim dalam sambutannya.

Ia katakan, dua tahun lalu puluhan pesantren di Kabupaten Merangin sudah dibantu dalam jumlah yang lumayan. Yakni ketika Bupati Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya tengah menjabat.

Hanya paska jabatan mereka berakhir, program itu terhenti. Ia berjanji akan melanjutkan lagi jika terpilih pada pilkada 27 November nanti.

“Dulu kita sudah bantu memperkuat pembiayaan pesantren. Sekitar Rp. 80 juta per tahun setiap pesantren. Nanti akan kita lanjutkan lagi,” imbuh Nilwan.

Dikatakan Nilwan, pasangan Menawan ini sangat memprioritas pesantren. Pondasi ekonomi pesantren harus dikuatkan agar bisa lebih nyaman membina puluhan ribu generasi muda yang nyantri.

“Kita tidak bisa bayangkan apa jadinya Merangin jika tidak ada pesantren. Alhamdulillah, dari seluruh kabupaten kota se-Provinsi Jambi, pesantren paling banyak ya di Kabupaten Merangin ini,” ujarnya lagi.

Para pimpinan pesantren juga mengatakan sangat senang dengan komitmen Nalim-Nilwan. Perkembangan pesantren di Merangin sangat butuh kontribusi nyata dari pemegang kebijakan di daerah. (Bakar)

scroll to top