Wakili Bupati Labuhanbatu Asisten III Hadiri Hari Koperasi Indonesia Ke 77

AddText_08-21-07.16.40-1.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumut – Mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd, MM, Asisten ll Drs. Ikramsyah Putra menghadiri Hari Koperasi Indonesia ke 77 Tahun 2024, di Ballroom Suzuya Hotel Rantauprapat, Jalan Jend Ahmad Yani, Kecamatan Rantau Utara. Rabu (21/8/2024).

Dengan tema “ Koperasi Sebagai Ekosistem Untuk Konsolidasi Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”. Disitu Asisten ll membacakan pidato dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Teten Masduki.

Asisten ll mengatakan pada peringatan 77 tahun hari Koperasi kali ini menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di tanah air semangkin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari middle income trap.

“ Hari ini, pendapatan perkapita rakyat kita diperkirakan baru sekitar US 4.919 (2023). Untuk menjadi negara maju di 2045 nanti, pendapatan perkapita ini harus bisa naik setidaknya 5 kali lipat,” katanya.

Dikatakan Asisten ll, lebih dari 99 persen dari pelaku usaha di tanah air adalah usaha mikro. Tiap krisis, populasi usaha mikro semangkin melebar hingga menyebabkan terjadinya persaingan usaha yang komplek : tidak hanya antara usaha mikro dengan skala usaha yang lebih besar, tetapi mereka bahkan telah bersaing antar sesama usaha mikro untuk memperebutkan “kue ekonomi” yang semakin terbatas.

“Disinilah peran koperasi menjadi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh, dari usaha mikro ke usaha kecil, usaha kecil ke usaha menengah dan terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional,” tuturnya.

Asisten ll menjelaskan koperasi berperan sebagai ekosistem pendukung ekonomi usaha mikro dan kecil, koperasi harus terlebih dahulu hadir sebagai pemberdaya anggota.

Ia juga berharap semangat berkoperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda, mari manfaatkan kehadiran koperasi multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak – anak muda Indonesia yang terbukti unggul.

“Insyaallah, sejalan dengan semakin banyaknya pelaku usaha mikro dan kecil yang berkoperasi, semangkin banyaknya koperasi yang memberikan solusi terhadap akses pelaku usaha UMKM terhadap inovasi teknologi, terhadap kemitraan, terhadap pasar dan bahkan terhadap permodalan maka semangkin banyak dan cepat UMKM di tanah air untuk naik kelas.

Menutup pidatonya, asisten ll mengucapkan Dirgahayu Koperasi Indonesia ke 77 Tahun 2024.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Labuhanbatu Basaria Simarmata SKM, M.KM menyampaikan bahwa berdasarkan data koperasi yang ada di Kabupaten Labuhanbatu berjumlah 436 koperasi dengan kategori, jumlah koperasi aktif 146 koperasi, jumlah koperasi yang tidak aktif 290 koperasi dan jumlah yang sudah melaksanakan pra tahunan hanya berjumlah 59 koperasi.

Ketua Dekopinda Labuhanbatu Sabaruddin Marpaung SE, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Labuhanbatu yang selalu memberikan dukungan dan support setiap tahunnya kepada Dekopinda. Ia pun berharap kedepan bisa mempertahankan koperasi yang masih ada di kabupaten labuhanbatu.

Turut hadir Para Unsur Forkopimda, Mewakili Kepala Lapas Labuhanbatu, Mewakili Kakan Kemenag, Para Kepala Sekolah, Para Penggerak Koperasi, Ketua UMKM, Para Perbankan dan Tamu Undangan Lainnya. (*)

scroll to top