Lauching Perdana Warunk Nusantara Riau Bantu UMKM

IMG-20240727-WA0052.jpg

Pekanbaru – Warunk Nusantara Provinsi Riau mempunyai program untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program berupa peminjaman modal berupa sembako maksimal senilai Rp10 Juta. Peluncuran program bersamaan dengan memperkenalkan sekretariat DPW Komunitas Indonesia Tionghoa (KITA) Riau Jalan Riau No 249, Sabtu (27/7/2024).

Peluncuran Warunk Nusantara dihadiri pihak manajemen Ketua KITA Provinsi Riau, Ju Hao, Sekretaris, Nata Hedy Nyo,wakil sekretaris Suikun Kurniawan, Bendahara Edy Budianto. Wakil bendahara Bengkui, bidang sosial Jonny dan bidang pengerahan masa Indra Kurniawan. Kemudian Kapolsek Payung Sekaki, Risman Nur Hendri beserta jajaran.

“Warunk Nusantara ingin membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang berjualan atau ingin mengembangkan usahanya,” kata Ju Hao.

Dikatakannya, program bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan serta meningkatkan kesejateraan masyarakat yang ingin berjualan, namun tidak punya modal atau yang akan nambah modal . “Pelaku UMKM hanya mengembalikan modal, sedangkan keuntungan hasil penjualan bisa dinikmati sepenuhnya oleh pelaku UMKM,” tambahnya.

Dikatakannya, modal jualan yang diberikan dalam bentuk sembako beras, minyak makan, mie instan, gula dan telur ayam. Program bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan program Warunk Nusantara Pekanbaru, Ju Hao mengatakan harus memenuhi kriteria dan terlebih dahulu bergabung dalam sebuah komunitas. “Nantinya ketua komunitas yang bersangkutan mengajukan peminjaman ke pihak Warunk Nusantara,” tuturnya.

Untuk hari ini, lanjutnya, disalurkan untuk 10 mitra UMKM yang terpilih oleh KITA Riau di Pekanbaru dan langsung diantarkan ke alamat. Dan hari berikutnya akan kita kirim lagi yang tergabung di Pujakesuma, HBB Horas Bangso, LAM, Pendawa, JKI, Pengali Kuburan dan lainnya. “Kami targetkan sekitar 1 ribu warga menjadi mitra Warunk Nusantara Riau. Bagi mitra yang dinilai berprestasi dalam penjualan akan diberikan reward atau bonus,” ungkapnya.

Kata Nata, juga sebagai sekretaris KITA Riau setelah di salurkan dan diterima salah satu mitra UMKM Warunk Nusantara Ko Effindi, sangat senang dan sangat membantu dalam segi stok barang untuk perputaran sembako kata lain modal usaha.

Sementara itu, Kapolsek Payung Sekaki, Risman Nur Hendri memberikan apresiasi kepada pengurus KITA lewat Warunk Nusantara Pekanbaru.

“Program sangat luar biasa dan mulia. Bertujuan membantu masyarakat, terutama menengah ke bawah. Kami sudah koordinasi dengan pihak Warunk Nusantara masyarakat mana yang perlu dibantu,” tegas Kapolsek.*

scroll to top