590 Mahasiswa UPS Tegal Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Tegal

IMG-20210805-WA0003.jpg

Benuanews.com- Kabupaten Tegal
Slawi – Sebanyak 590 mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Tegal. Secara simbolis, penerimaan perwakilan mahasiswa KKN dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono di Gedung Dadali Kabupaten Tegal, Rabu (04/08/2021) pagi.

KKN tematik maupun reguler UPS Tegal ini sudah mulai berjalan sejak 19 Juli 2021 lalu dan akan berakhir pada 2 September 2021 mendatang. Joko berharap melalui KKN, mahasiswa tidak saja mampu menjadi contoh, tapi juga agen perubahan dalam mengkampanyekan perilaku hidup bersih, sehat dan aman dari penularan Covid-19.

Menurutnya, tatanan di kehidupan normal baru ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mahasiswa KKN di era pandemi. Mereka dituntut untuk ikut serta mempercepat transformasi di masyarakat dengan membangun pola pikir masyarakat yang sehat dan produktif agar bisa segera bangkit dari kesulitan.

Joko pun meminta mahasiswa KKN bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat setempat. “Bangun komunikasi dengan para stakeholders, jaga kekompakan dan kebersamaan serta atur waktu sebaik-baiknya agar pelaksanaan KKN ini berfungsi efektif dan berjalan efisien,” pesan Joko.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor III UPS Tegal Ahmad Hanfan menyampaikan jika pelaksanaan KKN ini mengambil tema Daya Sakti Lawan Covid-19. Tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19 melalui pendekatan panca pilar, yaitu lingkungan, kesehatan, ekonomi, pendidikan dan kepribadian Pancasila.

Ahmad berpesan, meskipun KKN ini dilaksanakan di tengah situasi pandemi, hal tersebut tidak boleh menyurutkan semangat mahasiswanya untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan ke masyarakat. Ia juga berharap, kerjasama yang telah terbangun baik dengan Pemerintah Kabupaten Tegal akan terus ditingkatkan. (AN)

scroll to top