Open House di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam Berjalan Tertib dan Humanis.

 

Benuanews.

Allahhuakbar allahukuakbar Allahuakbar,tangis haru dan kegembiraan dari ribuan masyarakat yang memadati acara open house yang di adakan oleh kepala rumah tahan negara kelas IIA Batam kepulauan Riau pada hari Sabtu sampai hari Minggu tanggal 23/4)23.

Acara open house yang sengaja digelar pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini sangat banyak mendapatkan respon positif dari para keluarganya yang sedang menjalani masa tahan di rutan tersebut.

Para keluarga yang datang diberikan kesempatan untuk bertemu bertatap muka pada keluarganya masing masing yang di berikan tempat di lapangan di depan mosholah.

Menurut Muhammad salah satu tahanan yang sempat di wawancara awak media mengatakan kalau tahun ini adalah tahun yang paling bersejarah dalam hidup nya, dimana saya di tahun disini sudah dua tahun baru kali ini saya merasa paling bahagia karena bisa bertatap muka dan berpelukan dengan keluarga.

Masih Muhammad mengatakan tahun lalu tidak ada acara open house seperti ini,
Makanya saya merasa sangat berterimakasih kepada kepala kalapas dan seluruh jajaran nya yang telah memberitakan kesempatan kepada kami untuk mengikuti lebaran yang akan saya jadikan hari raya yang paling bersejarah ujar Muhammad.

Menurut pak Ronal salah satu staf kalapas mengatakan kalau acara open house seperti ini sebelumnya adalah salah satu rutinitas setiap hari lebaran, walau pun tahun tahun lalu tak bisa dilaksanakan dikarenakan adanya covid 19.

Pak Ismail selaku kepala pengamana rutan (KPR ) mengatakan kalau acara yang diselenggarakan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada keluarga para binaan yang ingin bertatap muka dengan para keluarga nya pada pada hari raya.

Dimana tahun ini kita sudah terbebas dari bahaya covid 19, jadi para binaan yang ada disini mungkin sudah rindu dengan keluarga nya sehingga kami berikan kesempatan untuk mereka menikmati berbagai hidangan hari raya yang di bawa keluarga nya masing masing.

Inshallah Acar ini terselenggara sangat humanis dan tertib, tapi tetap menjaga keamanan dan kenyamanan agar tidak terjadi hal hal yang tidak di ingin kan sehingga kami menggunakan ketentuan ketentuan kepada para keluarga yang ingin mengunjungi keluarga nya.

Makanya kalau di depan kami sangat ekstra ketat dalam memeriksa barang bawaan, para keluarga tak di batasi yang penting mempunya identitas seperti KTP dan identitas lainnya agar bisa terkontrol secara maksimal,

Menurut bapak pelda barmen Samosir salah satu TNI dari 136 yang di tempatkan sebagai bantuan keamanan pada acra open house ini mengatakan kalau acara ini sebenarnya adalan upaya untuk memanusiakan manusia dimana saat ini mereka mungkin saja telah melakukan kesalahan sehingga ditempatkan dirutan ini.

Tapi dengan adanya acara ini mungkin sedikit bisa memberikan kesadaran kalau orang yang berada di luar sana sangat nikmat, apa lagi di saat lebaran seperti ini, acara ini adalah memotivasi kepada mereka Para warga binaan agar berhati hati dalam melakukan segala tindakan dan semoga rumah tahanan ini tidak menjadi sebuah dinding pemisah bagi kebutuhan rumah tangga mereka ujar pak pelda Berman Samosir.

Ibu Siti 64 tahun salah satu pengunjung yang sempat di wawancarai awak media mengatakan ucapan terimakasih kepada kepala rumah tahanan ini karena memberikan kesempatan kepada saya untuk membesuk cucu saya.

 

(Priska s)

scroll to top