⁷Sah!Pasukuan Caniago miliki pangulu baru

IMG-20210731-WA0019.jpg

Dharmasraya, Benua news:Hari ini Sabtu 31/07/21.momentum tidak terlupakan bagi kaum Pasukuan Caniago diNagari Koto Gadang Kecamatan Koto Besar, gelar Propesi Batagak gala Penghulu, Dt parpatiah dari suku Caniago beserta 6 orang Niniak Mamak lainnya.berjalan lancar dak khidmat,

Walinagari Koto Gadang Irvan Budianto,Dt.Rangkayo mulia.dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan alek batagak gala ini dan ucapan selamat kepada Panghulu Dt. Parpatiah beserta 6 orang lainnya yang di Nobatkan pada hari ini

“ Atas nama Pemerintah Nagari, kami ucapkan selamat kepada Dt.Parpatiah yang telah dinobatkan sebagai Penghulu di suku Caniago beserta 6 orang niniak mamak lainnya,” ucapnya.

” Acara ini sangatlah sakral, sebagai seorang panghulu atau pemimpin dalam kaum, ini sangsinya berat, jadi ini harus dilaksanakan dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan, kearah yang lebih baik dan menanamkan pemahaman adat maupun agama, “ tambahnya.

Datuak pangulu suku Piliang ini juga menambahkan, dikesempatan itu juga berpesan kepada panghulu yang dilewakan“agar dapat menjadi sitawa sidingin, kusuik nan kamanyalasaian, karuah mampajaniah”, sehingga harmonisasi maupun komunikasi dengan semua unsur dapat berjalan dengan baik dan akan mendukung program pembangunan di Nagari Koto gadang ini khususnya dan Kabupaten Dharmasraya pada umumnya.

Acara batagak gala atau penobatan gelar pusako ini juga dihadiri oleh muspika plus ,Niniak Mamak, Alim Ulama,Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.
Kendati prosesi ditengah pandemi Corona yang belum hilang,aturan prokes juga dilaksanakan dengan tetap memakai masker. Daftar nama pemangku suku Caniago.

1.Urang tuo suku Jon Nasril St, Rajo bungsu

  1. Pangulu
    Mira Yuscandra dt.parpatiah

3.Manti,
Herman Kasir dt.Sari Marajo.

4.Malin,
Malin Rajo Malano.

5.imam.
Ismawadi,S,Pd,Rajo malano.

6.Dubalang
Hendrizal,St,Makmur.Amrizal St.Saiful,Rezki St,Hidayat,Masni St,Rajo basa,Nanang.

7.Bundo Kanduang
Hj.Yusni
Jus rianti
Turah.

Sekedar informasi Untuk prosesi palewaan panggulu
Ba arak Kalabuah Nan golong,Kapasa nan Rami direncanakn hari Selasa tanggal 2/08/2021.

scroll to top