Yon Harisman Buka Pelatihan Tekhnologi Tepat Guna Nagari Padang Air Dingin

IMG-20210814-WA0002.jpg

Solok Selatan, Benuanews,-Walinagari Padang Air Dingin Yon Harisman St Tunaro membuka secara resmi acara pelatihan Tekhnologi Tepat Guna Nagari Tageh Kenagarian Padang Air Dingin Kec Sangir Jujuhan Kab Solok Selatan,Jumat 6 Agustus 2021 bertempat di Kantor Bamus Nagari Padang Air Dingin.

Acara ini merupakan salah satu program kegiatan mahasiswa Universitas Andalas Padang yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata di Nagari Padang Air Dingin.

Acara pelatihan dengan melibatkan 30 orang dari berbagai kelompok tani ini mengambil tema”Pengolahan Pakan Ternak Dari Limbah Pertanian dan Pembuatan Pupuk Organik Dari Kotoran Ternak”

Di samping pelatihan,sekaligus sosialisasi pengenalan pakan alternatif magot BSF untuk unggas. Tujuan dari agenda pelatihan ini adalah menjawab kegelisahan peternak dalam ketersediaan pakan yg terbatas untuk ternaknya dan juga keterbatasan pengetahuan masyarakat dalam pengolahan kotoran sapi sebagai pupuk organik untuk tanaman pertanian.

Rahmad Hidayat,salah seorang peserta KKN dalam laporannya mengatakan bahwa program pelatihan ini akan memberikan dampak yang sangat besar untuk kesejahteraan para anggota kelompok tani di Nagari Padang Air Dingin.

“Dengan hadirnya program ini masyarakat akan paham dan mampu mengolah dan memanfaatkan limbah pertanian dan peternakan sebagai bahan pakan ataupun pupuk organik yg bernilai jual dan ekonomis dalam kehidupan sehari-hari”ujar Rahmad Hidayat.

Sementara itu Yon Harisman Dt Tunaro dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa atas program yang sudah di lakukan demi kesejahteraan masyarakat Nagari Padang Air Dingin.

“Terima kasih saya ucapkan kepada adik-adik mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Nagari Padang Air Dingin”ujar Yon.Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi modal dalam meningkatkan perekonomian para anggota kelompok tani.Sehingga kehidupan masyarakat Nagari Padang Air Dingin bisa lebih sejahtera, lanjutnya

Sebagai narasumber pada pelatihan ini adalah mahasiswa dari jurusan peternakan dan pertanian yang sedang melakukan KKN di Nagari Padang Air Dingin yakni Dwi Nanda Indah Sari, Muhammad Andika Syafri, Indra Saputra, dan Tika Putri.

scroll to top