Wirausaha Kopi Mandailing, Solusi Tepat Masyarakat Di Daerah Rawan Narkoba

WhatsApp-Image-2020-10-20-at-22.19.56.jpeg

Mandailing Natal (benuanews.com) Mandailing Natal Selain dikenal sebagai penghasil ganja terbesar kedua di Indonesia, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara juga terkenal dengan kelezatan kopinya. Kopi Mandailing atau Mandheling Coffee, yang sudah terkenal sejak jaman Belanda, adalah kopi Arabica yang berasal dari daerah Mandailing, Pegunungan Bukit Barisan, Sumut. Kopi ini mempunyai cita rasa kekentalan yang bagus, keasaman medium, rasa floral dengan akhir rasa yang manis.

Program “Alternatif Development Life Skill” yang diinisiasi Deputi bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN RI kali ini memfokuskan pada peningkatan nilai tambah pada komoditas kopi yang selama ini hasil panennya hanya dijual begitu saja. Melalui pelatihan ini para petani diharapkan mampu mengenali potensi panen kopi dengan baik, kemudian mengolah hasil panen dengan menggunakan mesin pengupas dan memproses olahan kopi untuk dipasarkan dengan kualitas kopi yang terbaik.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI, Hendrajid Putut Widagdo, S.Sos., M.M., M.Si, mengatakan pemilihan pelatihan wirausaha kopi ini sebagai jawaban dan tindak lanjut upaya pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang berhasil memperjuangkan bantuan program Perhutanan Sosial seluas 403 Hektar yang akan dikembangkan menjadi tanaman kopi Mandheling.

“Saya berharap para petani serius melakukan budidaya kopi, dari sejak ditanam, dirawat, dipanen, diolah, dikemas dan dipasarkan,” tegas Hendrajid.

Sebagai instruktur dalam pelatihan ini, BNN RI menghadirkan putra daerah Kabupaten Mandailing Natal yang juga seorang wirausaha kopi Mandheling, Riki Wijayadi. Sebagai praktisi kopi dan owner Lopo Coffee dari tahun 2014, Riki Wijayadi banyak memberikan pengetahuan dan pengalamannya kepada peserta pelatihan. Menurutnya, kopi Arabica Mandheling saat ini sudah menemukan kembali cita rasanya yang khas dan unik yang digemari banyak pecinta kopi sejati.
Red

scroll to top