Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Kegiatan Product/Business Matching (Fasilitasi Akses Keuangan) Bagi Petani

40cb02912eb92c1c969af5e5366f848a.png

WAY KANAN, benuanews.com – Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Kegiatan Product/Business Matching (Fasilitasi Akses Keuangan) Bagi Petani Melalui Pemanfaatan Produk Asuransi Usaha Tani dan Pembiayaan KUR di Aula Kecamatan Banjit, Selasa (28/05/2024).

Disampaikan oleh Wabup Ali Rahman bahwa akses keuangan telah menjadi isu yang sangat staregis. Dimana bukti empiris menunjukkan bahwa perluasan akses keuangan, khususnya akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pada akhirnya dapat menurunkan tingkat kemiskinan dan mempersempit jurang ketimpangan.

“Akses keuangan telah menjadi salah satu kerangka pembangunan ekonomi Nasional sebagaimana tertuang dalam RPJMN. Dalam rangka mendukung upaya perluasan akses keuangan, dibentuklah tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD)”, ujar Wabup Ali Rahman.

Kegiatan product business matching memberikan warna tersendiri dalam upaya mendorong dan mensinergikan program perluasan akses keuangan dengan seluruh Pemangku Kepentingan di daerah. Wabup berharap kegiatan tersebut dapat memberikan outcome bagi masyarakat dan mendukung pencapaian visi dan misi Pemda, terutama dalam pengembangan potensi unggulan dan sektor pembanguan prioritas di daerah. Berbagai program TPAKD telah lahir dan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan ekonomi daerah (local content).

“Salah satu upaya yang dilakukan TPAKD adalah pelaksanaan business matching yang merupakan upaya fasilitasi dari TPAKD untuk mempertemukan kebutuhan masyarakat akan produk keuangan, baik kredit atau pembiayaan, asuransi, tabungan, maupun investasi, dengan industry jasa keuangan. Karena kegiatan ini juga dapat mendukung program Pemerintah Pusat, seperti KUR, Kredit Ultra Mikro, PNM Mekar dan lainnya”, lanjut Wabup Ali Rahman.

Selain itu, Wabup juga berharap terjadinya peningkatan literasi dan inklusi keuangan pada masyarakat utamanya para pelaku UMKM dapat memahami bagaimana mengakses berbagai macam produk dari lembaga jasa keuangan yang ada terutama perbankan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan masukan dan kontribusi bagi seluruh Pemangku Kepentingan di daerah, mulai dari Pemda, regulator keuangan di daerah, industry keuangan di daerah serta instansi terkait lainnya, dalam menggali terobosan guna memperluas akses keuangan untuk mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif dan lebih merata”, turur Wabup Ali Rahman.

Hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Pimpinan Kecamatan Banjit, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bagian Administrasi Perekonomian Setdakab. (Sarnubi)

scroll to top