Wakil Bupati Dompu Syahrul Parsan ST.MT Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Perayaan Idul Fitri 1443 H Selasa, 26 April 2022

1650952257094873-1.jpg

Dompu, NTB Benuanews.com – Idul Fitri tinggal menghitung hari, mematangkan persiapan agar suci bagi umat Islam ini bisa berlangsung dengan aman, tertib dan lancar Pimpinan Daerah Kabupaten Dompu dan Jajaran Forkopimda melakukan rapat koordinasi yang diadakan di Ruang Rapat Bupati.

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT. memulai rapat mengatakan, Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada tanggal 02 atau 03 Mei 2022, sambil menunggu Sidang Isbat yang diadakan oleh Kementerian Agama, perlu kita berdiskusi bersama apa saja yang harus dilakukan untuk memperlancar acara hari raya ini, Selasa (26/04/22).

“Persiapan yang dimaksud seperti, penetapan Panitia , perkembangan kasus Covid 19, Imam, Khatib dan penuntun Shalat, Takbir Keliling, Open House, Materi Khutbah dan hal-hal penting lainnya. “pengungkapan.

Kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM. M.MKes., sebagai pemimpin rapat koordinasi setelah menghimpun rekomendasi masukan, saran dari peserta rapat dan mendapatkan poin kesepakatan sebagai berikut :

Pertama, kasus Covid-19 di Kabupaten Dompu berada level 1 maka kapasitas jamaah shalat idul fitri diperbolehkan 100 persen memenuhi mesjid atau lapangan terbuka.

Kedua, tempat pelaksanaan diharapkan shalat Idul Fitri tingkat Kecamatan, Kepada Ketua, RT/RW, Kepala Kelurahan atau Desa agar bisa melakukan koordinasi dengan unsur Muspika.

Ketiga, Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Tingkat Kabupaten akan diadakan di lapangan Beringin, dan bertindak Sebagai Khatib : Ustadz Syakban Bin Ahmad Imam : Ustadz Uwais Al Qarni, S.Pdi. dan penuntun Shalat Id : Ustadz Alimudin, S.Ag.

Keempat, Takbir keliling akan dilaksanakan baik tingkat Kecamatan atau Kabupaten, dengan hanya berjalan kaki dan tentunya sudah ditentukan sebelumnya serta dikoordinasikan dengan pihak aparat keamanan setempat.

Kelima, Open House dan halal bil halal akan diadakan dengan kapasitas tempat dan waktu yang terbatas untuk menghindari pembatasan.

Keenam, naskah khutbah untuk shalat Idul Fitri akan disiapkan oleh Kemenag Kabupaten Dompu, dan akan dibagikan H-2 sebelum hari raya dan akan didistribusikan ke masing-masing kantor urusan agama (KUA) Kecamatan.

Ketujuh diharapkan, Karena pandemi Covid-19 belum berakhir para jamaah tetap menggunakan Masker dan setiap pintu akan dipersiapakan Hand Sanitizer dari Petugas Kesehatan dan pihak keamanan tetap siap untuk berjaga.

Kedelapan, Diharapkan kepada warga masyarakat untuk menjaga keamanan dan keamanan masyarakat di lingkungan masing-masing baik itu sebelum dan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Rakor berjalan lancar dan tertib, diikuti oleh unsur-unsur penting Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, baik itu jajaran Forkopimda Pimpinan OPD, Pejabat Struktural, Baznas, Perwakilan Kemenag, dan MUI Kabupaten Dompu.
(Imran Reporter)

scroll to top