Wabup Mengajak Semua Pihak Untuk Berkontribusi Membangun Sarana Sanitasi

Pilar-6-696x522-1.jpg

Dompu NTB benuanew.com Mendeklarasikan Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Huu, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Rabu (11/05/22) mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam penyedian sarana prasana sanitasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dalam kesempatan mendeklarasikan Lima Pilar STBM ini, saya mengajak berbagai pihak, Pemerintah Desa dan Kecamatan dan Lintas Sektor, dalam hal ini OPD terkait, PT. STM, Baznas dan agar lainnya bisa memberikan kontribusi membantu masyarakat dengan program pembangunan sarana sanitasi”, ucap Wabup H. Syahrul Parsan.

Kepala Dinas Kesehatan, Maman, SKM., M.MKes sedang menyampaikan laporan
Lanjutnya partisipasi dan dukungan yang diberikan akan ikut membantu program pemerintah yaitu melalui Gerakan Dompu (Berjasa), Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat, menuju Kabupaten Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

“Adapun yang menjadi tujuan dilakukan deklarasi ini adalah untuk mewujudkan perilaku higienis dan sanitasi secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, jelasnya.

Penyambutan Wabup H. Syahrul Parsan bersama rombongan di lokasi kegiatan
Selanjutnya dalam kesempatan ini juga Wabup menyapapaikan dengan dideklarasikannya Lima Pilar STBM itu diharapkan pada tahun 2025, sanitasi total dapat tercapai untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Kata Wabup harapan yang dimaksud sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia. Program STBM merupakan program yang memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat seberapa pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat.

Ditambhkannya adapun Lima Pilar STBM itu adalah Stop Buang Air Besar Sembarang Tempat (STOP BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT) dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PC-RT).

“Program Keberhasilan STBM bukan saja merupakan kerja pemerintah semata, tetapi juga bagian dari partisipasi dan peran aktif masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, tokoh pemuda yang saling bersinergi dalam membangun masyarakat untuk hidup bersih dan sehat”, terangnya

Diakhir penyampaiannya Wabup H. Syahrul Parsan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh elemen baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga pelaksanaan lima pilar STBM dapat terlaksana secara sukses.

“Saya menyampaikan kepada presia dan juga mengucapkan selamat kepada seluruh elemen khususnya yang berhasil melaksanakan deklarasi 5 (Lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), semoga status ini bisa di pertahankan dan tetap berkomitmen seperti apa yang di iklarkan”, pintanya.

Disela waktu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM., M.MKes, dalam laporannya dikegiatan tersebut menyebutkan jumlah Desa yang sudah menerapkan 5 Pilar STBM sebanyak 73 Desa/Kelurahan atau sebesar 87,66 Porsen, dan tersisa sebanyak 8 Desa/Kelurahan yang belum mendeklarasikan 5 Pilar STBM.

Wakil Bupati Dompu berphoto bersama seusai acara deklarasi 5 Pilar STBM
Kagiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu juga dihadiri oleh Anggota DPRD, Sekda Dompu, Pejabat Struktural dan Fungsional Lingkup Pemda Dompu, Camat Se-Kabupaten Dompu, Muspika Kecamatan Huu, Kepala Desa Se-Kecamatan Huu, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda dan elemen penting lainnya.

deklarasi Lima Pilar STBM berlangsung aman, tertib dan lancar yang diawali dengan penyambutan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT bersama rombongan dilokasi kegiatan kemudian diakhiri dengan foto bersama.
(Imran Malingi).

scroll to top