Wabup Dompu Mengingatkan Semua Pihak Untuk Mengikuti Kegiatan Roadmap Jarapasaka Dengan Sungguh-sungguh

IMG-20220701-WA0082.jpg

Dompu, NTB benuanews.com Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu berkolaborasi dengan Tim Ahli Center For Sustainable Farm Systems (CESFARMS) Universitas Mataram (Unram) menggelar Workshop Penyusunan Roadmap Jarapasaka.

Kegiatan dimaksud berlangsung Kamis (30/06/22) di Lombok Plaza Jalan Pejanggik Mataram dimana kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari kegiatan Expert Meeting yang diselenggarakan pada tanggal 13 Januari 2022 lalu.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Sekertaris Daerah, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Sekertaris Dinas Perikanan dan Kelautan NTB, Tim Ahli CESFRAMS Unram yang terdiri dari Prof. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D, Prof. Suwardji, Ph.D, Dr. Ir. Sukartono, M.Agr, Dr. Ir. Muktasam, M.Agr, Dr. I Gusti Lanang Parta Tanaya, M. App.Sc, dan Ir. Nurrachman, M.Si, Dr. Ir. Kisman, M.Sc, Andre Rachmat Scabra, S.Pi., M.Si.

Pejabat lingkup Pemda Dompu, Kepala Bappeda dan Litbang, Kepala BPKAD, Kadis Pertambun, Kadis Disnakwan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Bagian Kerjasama Daerah, Tenaga Ahli Staf Ahli Bupati, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Dalam amanatnya di acara ini Wakil Bupati H. Syahrul Parsan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan whorkshop dimaksud.

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Bappeda dan litbang sebagai penyelenggara kegiatan, Pimpinan OPD Pengampu Jarapasaka, Pimpinan OPD Provinsi NTB yang telah menyempatkan diri untuk hadir dan terutama kepada Tim Ahli CESFRAMS Unram yang telah bersedia menjadi narasumber untuk kegiatan ini”, sebutnya.

Kata Wabup acara yang berlangsung menjadi salah satu langkah untuk percepatan pencapaian Dompu Mashur. Melalui penyelenggaraan kegiatan ini dapat dirumuskan sebuah dokumen yang dapat dijadikan acuan untuk pencapaian komoditas Jarapasaka.

“Periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang begitu singkat memaksa semua pihak di lingkup Pemda Dompu untuk terus berupaya dengan berbagai cara agar mampu merealisasikan target utama dalam Visi dan Misi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) dan kegiatan workshop yang berlangsung saat ini menjadi salah satu strategi untuk mewujudkan harapan tersebut”, ungkapnya.

Mengingat pentingnya kegiatan yang berlangsung Wabup H. Syahrul Parsan ST.MT, mengingatkan para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Dompu agar dalam mengikuti kegiatan serius dan sungguh-sungguh mendengarkan paparan maupun arahan dari narasumber kegiatan untuk kemudian berbagai informasi dan ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Kepada Pimpinan OPD Lingkup Pemda Dompu agar serius dan sungguh-sungguh dalam mengikutinya kegiatan yang berlangsung untuk kemudian berbagai informasi dan ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan di lingkungan kerjanya”, ingatnya.

Selanjutnya Wabup H. Syahrul Parsan juga menyampaikan harapannya agar Pimpinan OPD Lingkup Provinsi NTB khususnya yang berkaitan dengan Jarapasaka dapat membantu kesuksesan pelaksanaan program jarapasaka di Kabupaten Dompu.

Penyampaian Pandangan tentang Jarapasaka oleh Kepala Dinas Disnakwan, Ir. Zaenal Arifin, M.Si
“Kepada Pimpinan OPD Provinsi NTB agar program dan kegiatan yang direncanakan porsi untuk Kabupaten Dompu khususnya pada sektor komoditas jarapasaka dapat lebih dioptimalkan lagi dari biasanya”, harapnya.

Lanjutnya kami di kabupaten dompu agar bisa dibantu dari sisi program dan penganggarannya untuk pengembangan komoditas jarapasaka ini terutama industrialisasi komoditas jarapasaka untuk meningkatkan nilai tambahnya.

Ditambahkannya kepada Tim Ahli CESFRAMS unram saya berharap transfer knowledge ini tidak berhenti sampai disini, karena daerah masih membutuhkan kajian-kajian dari akademisi untuk dijadikan referensi dan literatur dalam penentuan kebijakan ke depan.

Sebelumnya Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes selaku Ketua Program Jarapasaka dalam laporannya menyampaikan pada bulan Januari 2022 telah dilaksanakan meeting expert jilid pertama dengan agenda pembahasan mengenai program prioritas Kabupaten Dompu yaitu Jarapsaka.

Kata Sekda yang akrab disapa Mas Toto itu pada kesempatan itu perangkat daerah pengampu program Jarapsaka telah memaparkan berbagai potensi, capaian kinerja dan rencana kegiatan untuk mengembangkan komoditas Jarapasaka.

“Dalam kesempatan yang sama Tim Ahli CESFARMS Unram telah memberikan masukan awal yang konstruktif dalam upaya peningkatan produksi komoditas unggulan Jarapsaka”, ucapnya.

Sambungnya diakhir pertemuan tersebut telah disepakati Pemerintah Kabupaten Dompu akan menyusun draft dokumen roadmap Jarapasaka yang berisi tentang potensi, permasalahan dan rencana pengembangan komoditas tersebut.

“Alhamdulillah melalui berbagai pertemuan dan konsultasi dengan perangkat daerah terkait (terakhir draft rancangan tersebut di rapat kan pada hari senin 27 juni 2022), rancangan roadmap yang dijanjikan pada expert meeting pertama tersebut telah tersusun dan diserahkan kepada TIM Ahli CESFARMS Unram untuk dibedah dan dianalisa lebih dalam”, tuturnya.

Berikutnya Sekda Gatot Gunawan menyebut dalam rancangan roadmap tersebut selain membahas tentang komoditas Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan, juga berisikan tentang Koperasi dan UMKM; Industri Kecil Menengah; Pengelolaan BUMDES; dan Tenaga Kerja.

“Pembahasan diluar bidang Jarapasaka tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran terhadap peningkatan nilai tambah dari komoditas Jarapasaka dalam rangkaian Pasaka Desa yaitu pengembangan komoditas berdasarkan potensi wilayah setempat dalam hal ini desa”, sebutnya.

Ditambahkannya hari ini Rabu 30 Juni 2022 Pemerintah Kabupaten Dompu kembali menyelenggarakan expert meeting jilid II dalam rangka penyampaian hasil telaahan rancangan roadmap oleh Tim Ahli CESFARMS untuk lebih mempertajam muatan dari roadmap tersebut.

“Selain penyampaian hasil telaahan dan Analisa Rancangan Roadmap Jarapasaka oleh Tim Ahli, pada kesempatan ini juga kami mengundang Pimpinan Perangkat Daerah NTB untuk memberikan arahan dan informasi terkait pengembangan Jarapasaka di Kabupaten Dompu”, terangnya.

Guna menunjang keberhasilan Program Jarapasaka Sekda Gatot Gunawan menyampaikan harapan kepada Pemerintah Provinsi NTB agar dapat mendukung pelaksanaan program prioritas Jarapsaka.

“Pada waktunya nanti mohon kesediaan Pimpinan Perangkat Daerah NTB yaitu Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, untuk memberikan informasi terkait program dan kegiatan dimasing-masing perangkat daerah yang mendukung pelaksanaan program prioritas Jarapasaka di Kabupaten Dompu utamanya dukungan industrialisasi untuk dapat menghasilkan nilai tambah”, pintanya.

Workshop berjalan lancar setelah acara pembukaan diisi dengan penandatangan Dokumen Roadmap Jarapasaka oleh Sekda Dompu selaku Ketua Program Jarapasaka dengan Ketua Tim Ahli CESFRAMS Unram, disaksikan Wakil Bupati Dompu dan Kepala Bappeda dan Litbang.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan melibatkan semua Tim Ahli CESFRAMS Unram yang hadir dengan memaparkan komoditi sesuai keahlian masing-masing, seperti Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan. (Imran)

scroll to top