Universitas Andalas Mngadakan Kerja Sama Dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo)

IMG-20210329-WA0145.jpg

Padang — Universitas Andalas (Unand) mengadakan kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) untuk melaksanakan magang bersertifikat.Kerjasama ini merupakan implementasi dari merdeka belajar sesuai kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim.

Mahasiswa yang mengikuti program ini selama satu semester atau setara dengan 20 satuan kredit semester (SKS).Penilaian di input dari beberapa mata kuliah tertentu yang di ikuti oleh para mahasiswa tersebut.

Memorandum of Understanding (MoU) di tanda tangani oleh Rektor Unand Prof,Dr Yuliandri SH,MH dan Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey dengan di hadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Unand serta Ketua Aprindo Sumbar Rinaldi.Penanda tanganan MoU di laksanakan di Convention Center Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

“Hal ini sejalan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) yang fi gagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Di mana mahasiswa berhak untuk mengambil beban studi sebanyak 20 SKS di luar kampus.Di samping salah satu langkah yang di ambil oleh Unand serta masuk Indikator Kinerja Utama(IKU) yang harus di capai oleh setiap rektor”ujar Prof Yuliandri

Lewat program kerja sama ini Prof Yuliandri berharap bisa membawa angin segar bagi semua pihak,terutama peran Aprindo untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.”Kerja sama dengan Aprindo di kolaborasikan untuk membina mahasiswa agar memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.”lanjut Prof Yuliandri.

Selain memiliki kompetensi,Prof Yuliandri berharap agar lulusan Unand mampu menciptakan lapangan kerja mandiri.Makanya sebelum mereka tamat ada pembelajaran-pembelajaran yang di berikan kepada mahasiswa baik di dalam kelas ataupun di luar kelas seperti magang yang kita tanda tangani kerja samanya pada hari ini,ujar mantan Dekan Fakultas Hukum Unand ini.

Ketua Umum DPP Aprindo Roy N Mandey dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Unand adalah Perguruan tinggi pertama yang melakukan kerja sama dengan Aprindo.”Hal ini menjadi lokomotif untuk program kerja sama dunia usaha dengan dunia industri”ujar Roy.

Roy berharap kerjasama ini bisa terus di kembangkan agar peserta magang selain bisa menciptakan lapangan kerja mandiri,juga bisa langsung di terima di dunia industri karena mereka sudah memiliki kompetensi.

Ke depan program yang sudah di sepakati ini akan di lanjutkan pelaksanaanya oleh Aprindo Sumbar,imbuh Roy

Usai penandatanganan MoU fi lanjutkan dengan Focus Group Discusdion(FGD) yang bertajuk “Peran Strategis Aprindo dalam Magang Bersertifikat (MBKM) yang di pandu oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unand Endrizal Ridwan Ph.D.Selain offline acara ini juga di langsungkan secara online. MM

scroll to top