TNI Angkatan Udara Membuka Pendaftaran Bintara PK Pria dan Wanita Tahun 2022 Gelombang I, Tamatan SMA/MA

bdg.jpg

benuanews.com- Kabar gembura bagi yang ingin masuk angkatan datang dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di udara.

Melansir dari laman resmi TNI AU, Senin (17/1), TNI AU kembali membuka Pendaftaran Bintara PK Pria dan Wanita TA 2022 Gelombang I.

Adapun rekrutmen TNI AU ini bagi lulusan SMA/MA.

Berikut rincian persyaratan lengkapnya:

PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia.

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

4. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

5. Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

6. Sehat jasmani dan rohani.

7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

PERSYARATAN KHUSUS

1. Untuk Bintara PK pria berijazah SMA/MA IPA, SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa (kecuali Teknik Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknik Grafika, Geologi Pertambangan, Instrumentasi Industri, Pelayaran), Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bidang Kesehatan (kecuali Perawatan Sosial, Farmasi dan Farmasa Industri), Bidang Bisnis dan Manajemen (kecuali Keahlian Tata Niaga) dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 Tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup) dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

2. Memiliki penampilan menarik untuk Bintara PK wanita dan memiliki ijazah SMA/MA IPA/IPS, SMK Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bidang Kesehatan (kecuali Perawat Sosial, Farmasi dan Farmasi Industri), dan Bidang Bisnis dan Manajemen khusus keahlian Administrasi Perkantoran dengan syarat melengkapi ijazah SD,SMP,SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 Tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala Dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup) dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

3. Tinggi badan sekurang-kurangnya bagi Bintara PK pria 163 cm dan bagi calon Bintara PK wanita 157 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.

4. Bersedia untuk menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun (yang bermeterai).

5. Untuk SLTA/SMA/MA lulusan tahun 2020 tidak melampirkan SKHUN.

PERSYARATAN TAMBAHAN

1. Bersedia untuk penempatan dinas di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Bersedia untuk mengganti seluruh kerugian biaya yang telah ditetapkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum pendidikan pertama berakhir.

3. Bersedia untuk mengganti seluruh kerugian biaya yang telah disahkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir (biaya pendidikan, gaji, tunkin).

4. Bagi orang tua atau wali harus menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermeterai).

5. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan harus mendapatkan persetujuan/ijin resmi dari kepala jawatan/instansi yang bersangkutan dan kemudian bersedia mengundurkan diri dari status pegawai/karyawan bila lulus dan diterima masuk pendidikan pertama.

6. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui oleh orang tua/wali, Lurah/Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA)/catatan sipil setempat (bermeterai).

7. Mendapat persetujuan dari orang tua bagi calon siswa yang belum berumur 21 tahun atau persetujuan wali bagi calon yang kedua orang tuanya sudah meninggal atau berhalangan selanjutnya tetap dikeluarkan oleh kelurahan tempat domisili.

8. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.

9. Berdasarkan Permendagri No 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan Bab VII ketentuan lain-lain Pasal 18 – 19, maka selanjutnya untuk persyaratan Foto Kopi KTP dan KK tidak memerlukan legalisir, kemudian untuk Panitia Daerah dan Pusat yang bertugas sebagai Tim Administrasi supaya tetap memeriksa keabsahan dokumen tersebut.

ALUR PENDAFTARAN

1. Buat akun baru di website: https//diajurit.tni.au.mil.id/register

Melengkapi data Nama lengkap, jenis kelamin, email, jenjang, tanggal lahir dan Lanud Tujuan

2. Lanjutkan login di website: https//diajurit.tni.au.mil.id/login_auth

Login menggunakan Username dan password yang sudah diverifikasi lewat email

3. Melengkapi Biodata

– Data Pribadi, orangtua/wali, pendidikan, Penghargaan

4. Cetak kartu Daftar Online

Download Kartu daftar online dalam bentuk PDF

5. Melakukan Daftar ulang ke Lanud tujuan

Melakukan pendaftaran ulang ke Lanud tujuan dengan membawa persyaratan yang tertera di Kartu Daftar Online, jangan sampai terlambat pendaftaran dibuka 15 Januari 2022 s/d 28 Februari 2022

scroll to top