Tingkatkan Kompetensi Pendidik PAUD dan Pejabat Urusan Perencanaan Kampung di Siak Ikut Pelatihan.

IMG-20240704-WA0179-scaled.jpg

Pekanbaru- Benua news com: Menyiapkan generasi indonesia emas pada tahun 2045 mendatang dibutuhkan dukungan, komitmen para pemangku kepentingan, tak terkecuali pendidik dan guru PAUD diharapkan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan kompeten di bidangnya.

Karena itu, Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) kecamatan Sungai Apit menggelar pelatihan bagi Tenaga Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sistem Keuangan Kampung dan Sistem Perencanaan Aset Kampung se-kecamatan Sungai Apit, berlangsung, di kota Pekanbaru, Rabu (3/7/2024).

Wakil Bupati Siak Husni Merza saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan Pendidikan anak pada usia dini memegang peranan yang sangat penting dikarenakan pada masa anak berusia 0 – 5 tahun tersebut merupakan masa emas. Pendidik yang melaksanakan pendidikan pada anak usia dini juga disyaratkan memiliki tingkat pendidikan dan kompetensi khusus.

“Namun demikian pada kenyataan di lapangan masih banyak kita jumpai tenaga pendidik PAUD yang belum memenuhi kualifikasi. Kami sangat mengapresiasi dilaksanakan kegiatan ini. Sehingga para pendidik PAUD dan para pejabat yang mengampu pada Sistem Keuangan Kampung dan Sistem Perencanaan Aset Kampung se-kecamatan Sungai Apit dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius,” ujarnya.

Sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting di daerah Wakil Bupati Siak Husni Merza juga mengucapkan terimakasih, kegiatan ini sejalan dengan program pemda Siak, dan apresiasi bahwa kecamatan sungai apit yang pertama di kabupaten Siak melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut.

“Karena itu, kita ini seiring sejalan untuk tercapainya penurunan angka stunting dan menyiapkan generasi emas 2045 di Indonesia. Tentunya melalui pembekalan ini peserta dapat menimba ilmu tentang pengelolaan program dan menata aset kampung sesuai harapan masyarakatnya,” kata dia.

Husni memuji Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) kecamatan Sungai Apit telah melakukan terobosan terdepan, diharapkan usai pelatihan para pendidik PAUD dan perangkat urusan Sistem Keuangan Kampung dan Sistem Perencanaan Aset dapat menerapkan ilmunya saat melaksanakan bertugasnya.

“Ikuti pelatihan ini dengan baik, ambil ilmunya, terutama kepada petugas Sistem Keuangan Kampung dan Sistem Perencanaan Aset Kampung diharapkan mampu mengalokasikan anggaran kampung selain pembangunan infrastruktur juga pemberdayaan seperti pembinaan para perajin rumahan, bantuan modal usaha bagi UMKM dan pelaku usaha di kampung masing-masing,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut, di ikuti 52 tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 28 Pejabat Urusan Perencanaan Kampung se-Kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak.

(Yason zalukhu)

scroll to top