Tingkatkan Kapasitas, Jajaran Divisi dan Sekretariat KPU Agam Bedah PKPU

IMG-20230825-WA0001.jpg

LUBUKBASUNG-benuanews.com- Jajaran Divisi dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam bedah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), di Aula Husni Kamil Manik, Kantor KPU Kabupaten Agam, di Lubuk Basung. Kegiatan bedah PKPU direncanakan akan diadakan rutin setiap Minggu.

Hadir lengkap dalam Kesempatan Itu Jajaran Divisi yaitu Ketua KPU Kabupaten Agam, Herman Susilo, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Nining Erlina Fitri, Ketua Divisi Data dan Informasi Lizawati Fitri. Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia, Zainal Abadi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Zainal Fatli.

Pada jajaran sekretariat hadir Sekretaris KPU Kabupaten Agam Oktadonis, beserta kepala Sub Bagian dan staf sekretariat KPU Kabupaten Agam. Dalam kesempatan itu dibedah adalah PKPU 16 tahun 2023 tentang perubahan atas PKPU 14 tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu).

Ketua KPU Kabupaten Agam Herman Susilo, didampingi Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Nining Erlina Fitri, Jumat (25/8) mengatakan, bedah PKPU dinilai sangat diperlukan guna menambah kapasitas serta pengetahuan di bidang kepemiluan bagi jajaran KPU Kabupaten Agam. Sebab siapapun yang bertugas di KPU merupakan duta kepemiluan, mereka tempat orang bertanya.

” Jajaran divisi dan sekretariat harus memiliki pemahaman dan pengetahuan yang merata tentang PKPU, sebab siapapun yang bekerja di KPU suatu waktu pasti ditanya masyarakat terkait kepemiluan. Jangan sampai ketika ditanya jawabannya tidak tepat, atau tidak tahu, alhamdulillah kegiatan bedah PKPU pada Rabu (23/8) kemarin berjalan lancar,”kata Herman Susilo.

Dikatakan Herman, Ia mengapresiasi respon positif divisi dan sekretariat yang antusias dalam agenda bedah PKPU tersebut. Ke depan diharapkan kegiatan ini rutin dilakukan. Selain itu peserta nantinya diminta terlebih dahulu membaca PKPU yang dibedah, sehingga ketika pembahasan bisa terlibat aktif dalam diskusi.

Sementara Sekretaris KPU Kabupaten Agam Oktadonis mengatakan, bedah PKPU sangat diperlukan. Ia mengapresiasi langkah divisi yang berkenan merumuskan dan melaksanakan agenda tersebut. Pengetahuan dan pemahaman terkait PKPU sangat diperlukan khususnya bagi staf Sekretariat.

” Kami di sekretariat sangat mendukung agenda rutin bedah PKPU. Dalam dalam forum ini kita bisa berdiskusi, mengulang kembali dan menambah pengetahuan di kepemiluan,” jelas Oktadonis.*

scroll to top