Tim KKN ULB Laksanakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Dari Kotoran Kambing

IMG16340471031480.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumatera Utara –

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Labuhan Batu Akan Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Kotoran Hewan Kambing Bersama Kelompok Tani Desa Aek Batu.

Sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dari kotoran hewan kambing ini adalah program kerja dari kuliah kerja nyata (KKN) universitas lambuhan batu yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya kelompok tani desa Aek batu. Di mana di kawasan desa Aek batu hampir seluruh masyarakat nya merupakan peternak kambing,lembu,dan domba.

Namun, peternakan yang berkembang telah menyisakan beberapa permasalahan yaitu pencemaran limbah lingkungan berupa kotoran ternak atau feses ternak dan berpengaruh langsung terhadap kualitas lingkungan. Permasalahan yang dihadapi petani terkait pencemaran limbah peternakan yaitu kotoran ternak, sehingga menyebabkan lingkungan yang kurang sehat dengan bau dan lalat yang menyebabkan ternak dan peternaknya berada pada kondisi lingkungan yang kurang sehat.

Pupuk organik cair sangat bermanfaat untuk memperbaiki struktur tanah, mengandung unsur hara lengkap, menekan biaya pemupukan, lebih ramah lingkungan, meningkatkan aktivitas organisme yang menguntungkan pada tanah.
Sehingga meningkatkan produktivitas tanaman organik. Pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan merupakan sarana pemberian edukasi pada peternak untuk memanfaatkan limbah peternakan secara bertanggungjawab, sehingga lingkungan lebih sehat.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan konsep usaha yang terpadu antara bidang peternakan dan pertanian, sehingga semua produk dapat termanfaatkan secara maksimal,ujar Syamsol Bahri

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik cair dari kotoran hewan kambing di laksanakan pada tanggal 22 September 2021, bertempat di rumah ketua kelompok tani desa Aek batu dengan tema KKN, ialah ” Inovasi Membangun Desa”. Tutupnya

(Santi Rambe)

scroll to top