SMA.N – 9 Sijunjung Study Tiru ke SMA.N 1 Harau, Kabupaten Limapuluh Kota

IMG-20240906-WA0008.jpg

Benuanews.com,-Payakumbuh
Dengan memahami praktek-praktek terbaik dari berbagai sekolah, untuk dapat terus memperbaiki kualitas pendidikan dan membantu siswa mencapai potensinya sepenuhnya.

Hal tersebut disampaikan kepala sekolah SMAN 1 Harau Drs. Afrizal saat menyambut rombongan SMAN 9 Sijunjung datang berkunjung ke SMAN 1 Harau menggunakan 2 bus besar, Jumat (6/9/24). Menurutnya pendidikan adalah sebuah perjalanan panjang yang selalu menginspirasi pencarian pengetahuan. Kunjungan studi tiru adalah bentuk kerja sama antara sekolah-sekolah untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Dalam upaya untuk lebih memahami dinamika pendidikan.

Afrizal juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari SMAN 9 Sijunjung, ini adalah suatu penghormatan dan kebahagiaan yang luar biasa bagi kami di Jumat berkah ini.

“Saya sudah hampir 11 tahun memimpin disini, dan alhamdulillah di tahun ke 8 saya memimpin akhirnya sekolah ini bisa menjadi sekolah penggerak, dengan mengikuti tes. Akhirnya kami Lulus menjadi salah satu sekolah penggerak dan mempunyai tenaga pendidik sebagai guru penggerak di salah satu SMAN yang ada di kabupaten 50 khususnya dan Sumatera Barat umumnya, ”tuturnya.

Dalam kesempatan itu kepala SMAN 9 Sijunjung Eni Vesma mengatakan,kami datang bersama Korwas Wilayah 5 bapak Tri wiyono. terimakasih yang mendalam atas sambutan yang luar biasa ini. Tujuan kami kesini pertama ialah bersilaturahmi, yang kedua, menuntut ilmu sekaligus bercermin ke SMAN 1 Harau.

“Semoga jejak kesuksesan SMAN 1 Harau ini bisa kami adopsi dan kami lakukan dan praktekkan di SMA kami, ”ujar kepsek SMAN 9 Sijunjung tersebut.

Ditambahkan Eni, kunjungan studi tiru ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) program yang dirancang Kemendikbudristek sebagai bagian dari kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mendorong tercapainya profil pelajar pancasila.

“Adapun yang ingin kami lihat disini tentang pengelolaan P5(projek penguatan profil pelajaran pancasila),penerimaan mata pelajaran dari fase E ke fase F. Pun kami akan melihat pohon literasi yang sangat membanggakan dari sekolah hebat yang kami kunjungi ini yang santer namanya dimana mana,” ucap Eni.

Para guru dan staf dari SMAN 9 Sijunjung sangat terkesan dengan semangat belajar dan dedikasi yang mereka lihat di SMAN 1 Harau. Kunjungan ini adalah contoh yang sempurna tentang bagaimana kolaborasi dan pertukaran pengetahuan dapat membantu memperkaya pendidikan di kedua belah pihak.

Sementara itu, Kacabdin wilayah 4 Syafrudin menjelaskan, SMAN 1 Harau ini dimulai dari nol sehingga bisa sampai seperti ini. Selain itu, kepala sekolah Drs Afrizal ini sudah sangat mendunia, tahun 80an saja beliau sudah di Kanada.

“Sekolah ini sangat luas, dan sangat banyak diminati masyarakat untuk memasukkan anak anak mereka bersekolah disini,” ujar Syafruddin.

Lebih jauh dikatakan Syafruddin, banyak isu penting yang harus kita sikapi dengan baik, salah satunya kualitas pendidikan. Kita disekolah harus menciptakan pembelajaran yang baik dan memberikan pelayanan yang seimbang, jangan kita sebagai tenaga pendidik tembang pilih kepada anak didik kita. kemudian penggunaan teknologi berbagai fasilitas internet yang di pakai anak agar mudah menerima standar kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum pendidikan kita.

“Kerja sama seperti kunjungan studi tiru ;ini adalah langkah positif menuju pendidikan yang lebih baik di masa depan. Kepala sekolah SMAN 9 Sijunjung berharap dapat mengaplikasikan pelajaran yang didapat dalam perjalanan kesekolah ini. Kerja sama antar-sekolah adalah kunci dalam membangun jaringan pendidikan yang kuat. Dengan memahami praktek-praktek terbaik dari berbagai sekolah, kita dapat terus memperbaiki kualitas pendidikan dan membantu siswa mencapai potensinya sepenuhnya,”tutup Syafruddin.

Rombongan yang dipimpin kepala sekolah SMAN 9 Sijunjung, tenaga tata usaha beserta para guru juga disambut oleh Kacabdin wilayah IV Syafruddin, S,.Pd,MM beserta jajaran di aula SMAN 1 Harau dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran dan pembacaan dari tilawah, kemudian dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya, Mars Sumatera Barat serta mata SMAN 1 Harau yang lagu ini sendiri di ciptakan oleh kepala sekolah SMAN 1 Harau Drs Afrizal.

Acara ditutup dengan penampilan SMANSARA BAND yang mana group band andalan SMAN 1 Harau ini baru saja mengikuti Event High lantion 2.0 di Bukittinggi dan berhasil meraih juara 2,dengan peserta Se sumbar Riau, serta keyboard terbaik se sumbar Riau.(Julian)

scroll to top