Siak Pertahankan Predikat KLA Tingkat Nindya

IMG-20211014-WA0016.jpg

SIAK, Benua news.com – Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah SWT untuk kesekian kalinya Kabupaten Siak, mendapatkan Piala dan Piagam Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) peringkat Nndya tahun 2021.

Hal tersebut di ucapkan Wakil Bupati Siak H. Husni Merza saat ditemui usai menerima penghargaan KLA yang diserahkan oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan PHA Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Sri Prihantini Wijayanti, SH. MH di kantor Kementerian PPPA Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Husni berharap, penghargaan itu dapat memotivasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Siak untuk meningkatkan pemberdayaan kepada perempuan dan perlindungan terhadap anak serta menjamin tercukupinya hak-hak anak di Kabupaten Siak.

Asisten Asisten Deputi PPA Sri Prihantini Wijayanti menambahkan, agar Siak aktif menbangun KLA dalam program Pemenuhan Hak Anak.

“Selamat untuk Siak, pertahankan dan tingkatkan untuk mencapai peringkat utama, kemudian perbanyak inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan KLA,” pesannya.

Ia mengarahkan untuk mengembangkan taman digital di taman yang ada, seperti di area perkantoran atau di kantor bupati, memberi ruang untuk anak-anak bermain (taman cerdas berbasis digital).

Kemudian lanjutnya, bersama pihak terkait untuk melaksanakan pertemuan gugus tugas KLA tiga atau empat kali dalam setahun. Membahas indikator apa saja yang belum terpenuhi.

Harapannya, penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) dalam jangka 1 sampai 5 tahun masuk ke dalam grand design layak anak.

“Kami berharap, kedepannya program KLA ini menjadi program baru yang akan langsung dirasakan oleh masyarakat yang menjadi PR kita bersama yakni Daerah Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang akan menjadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak,” imbuh Sri Prihantini Wijayanti.

Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Darusalim, menyampaikan Penghargaan KLA tersebut sudah diumumkan pada bulan Juli yang lalu secara webinar.

Tak lupa ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada gugus tugas KLA & segenap OPD Kecamatan dan kelurahan serta Kampung yangg telah ikut berperan serta dalam mendukung Siak sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, kedepannya program ini akan mengarah ke tingkat Kampung,” ucapnya.

(aprianus Delau)

scroll to top