Serahkan Ayam Layer, Sekda Arfan Harap Budidaya ini Bisa Berkembang

IMG-20240828-WA0149-scaled.jpg

Pusako, Benua news com : Pemerintah Kampung Perincit Kecamatan Pusako, melakukan budidaya Ayam Layer (Bertelur), budidaya ini, mewujudkan program pemerintah kabupaten Siak satu kampung satu produk unggulan atau ciri khas Kampung.

Budidaya ayam layer tersebut, dimulai dengan penyerahan ayam layer oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, kepada kelompok tani – ternak Karya Bersamo, Kampung Perincit, yang merupakan pelaksana dari budidaya ayam layer tersebut.

“Pemkab Siak mengapresiasi adanya kegiatan budidaya ayam layer ini. Dengan adanya budidaya ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para anggota kelompok yang melakukan budidaya ayam layer tersebut,” kata Arfan di Kampung Perincit, Kecamatan Pusako, Rabu (28/8/2024).

Pada kesempatan itu, Arfan Usman juga meminta kepada Penghulu dan juga Kelompok yang membudidayakan ayam layer ini, agar menjaga, memelihara dan merawat ayam layer yang dibudidayakan dengan sebaik mungkin.

“Hari ini, saya serahkan 500 ekor Ayam Layer (Bertelur) kepada Kelompok Tani Ternak Karya Bersamo, Kampung Perincit. Saya berharap dan meminta agar budidaya ayam layer ini bisa terus berkembang setiap tahunnya,” kata dia.

Ia juga meminta kepada kadis Perikanan dan Peternakan untuk membantu membimbing dalam proses budidayaan ayam layer ini nantinya.

Dengan adanya budidaya ayam layer di Kampung Perincit Kecamatan Pusako ini, sambung Arfan, nantinya akan menjadi ciri khas ataupun produk khusus dari Kampung Perincit, Kecamatan Pusako.

“Sesuai dengan program yang telah dilaksanakan Pak Bupati Siak Alfedri, yang meminta setiap Kampung mempunyai ciri khas atau produk unggulan masing-masing. Semoga budidaya ayam layer ini akan menjadi ciri khas dari Kampung Perincit nantinya,” sebut mantan Kadis Kominfo itu.

Penghulu Kampung Perincit Kecamatan Pusako Eli Zamri mengatakan bahwa bantuan 500 ekor ayam layer ini, bersumber dari Dana Kampung khususnya dibidang Pemberdayaan masyarakat tahun 2024.

“Untuk tahap pertama ini, bantuan ayam layer kami berikan kepada kelompok tani-ternak Karya Bersamo. Untuk biaya perawatan, seperti makan, vitamin dan lainnya akan dibantu oleh BUMkam Kampung Perincit, termasuk nantinya ketika penjualan telur ayam nya,” kata dia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Kaharudin, Kadis PMK Kabupaten Siak atau mewakili, Kadis Pertanian Kabupaten Siak Irwan Saputra, Ketua KTNA Kabupaten.

(m.marsono/infotorial)

scroll to top