Satu Orang Jamaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Dunia di Madinah

IMG-20220616-WA0027.jpg

Padang, Benuanews.com,- Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Bangun Lubis Wahid (59) Jamaah haji asal Embarkasi Padang tergabung dalam Kloter IV, meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi, Jumat (10/6).

Meninggalnya Bangun Lubis Wahid merupakan kasus wafat pertama untuk jamaah haji asal Embarkasi Padang di Arab Saudi.

“Satu jamaah haji bernama Bangun Lubis Wahid, 59, nomor manifes 262 asal Pasaman, meninggal dunia di Madinah.
Dia tergabung dalam Kloter IV Embarkasi Padang,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar, Joben, kepada Benuanews.com , Sabtu (11/6).

Joben menjelaskan jamaah ini sebelum meninggal dunia melaksanakan ibadah salat Ashar di Masjid Nabawi, Madinah. Ketika akan keluar masjid usai shalat, jamaah ini tiba-tiba sempoyangan dan jatuh di depan lobi masjid sekira 16.50 Waktu Arab Saudi.

“Melihat kejadian itu, jamaah lain berusaha untuk menolong dan menghubungi dokter kloter yang kebetulan masih berada dekat dengan lokasi kejadian,” ungkapnya.

Dokter kloter pun, sebut Joben, melakukan pertolongan pertama kepada jamaah tersebut. “Lima menit kemudian, datang bantuan dari Sektor 2 Madinah. Dan, langsung dirujuk ke RS King Fadh di Madinah. Kira-kira pukul 17.20 Waktu Arab Saudi, beliau menghembuskan nafas terakhir,” ucap Joben.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, administrasi jamaah calon haji itu diurus ke sektor dua Madinah dan Daker Madinah. Selanjutnya oleh Daker dilimpahkan ke KKHI untuk pengurusan pemulasaran almarhum.

“Jamaah haji kita ini dimakamkan di Baqi. Yang bersangkutan dimakamkan usai dishalatkan di Masjid Nabawi bakda shalat subuh tadi,” sebut Joben seraya mengatakan tim Kemenag Sumbar hari ini melayat ke rumah duka di Pasaman.

(Marlim)

scroll to top