Sambut Pilkada Serentak 2024, Diskominfo Siak Ajak Masyarakat Cerdas di Ruang Digital

IMG_20240828_190059.jpg

Siak- Benua news.com : Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Siak Romy Lesmana Darmawan mengatakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2024, tengah dimulai tahapannya, banyak harapan dan rasa optimis masyarakat agar penyelenggaraanya berjalan aman dan lancar.

Dinas Kominfo kabupaten Siak mendorong semua pihak berpartisipasi dalam menyambut Pilkada serentak 2024 berjalan sukses, demokratis dan berkualitas terutama dalam pemanfaatan ruang digital yang lebih santun dan bijak serta cegah penyebaran berita hoaks.

“Kita mengharapkan lewat literasi digital, semua elemen masyarakat lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial. Hidari penyebaran berita hoaks serta kalimat yang mengandung kebencian yang dapat memecah belah,” kata dia, di temui di ruang kerjanya, Rabu (28/8/2024).

Ia, mengajak dan menghimbau masyarakat kabupaten Siak untuk menjaga ruang digital (social media) dari isu negatif dan berita hoaks serta menjaga persatuan dan kesatuan di negeri istana.

“Kita menyadari dan memahami dinamika politik yang terjadi belakangan ini, penuh warna. Namun sebagai warga yang baik, kita jaga dituntut menjaga suasana yang sejuk, aman dan damai di tengah masyarakat,” kata dia.

Karena kata dia, Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), menjadi pedoman pemanfaatan ruang digital dengan bijak.

“Setiap konten yang kita ungah ke soslial media, mengandung unsur sara dan berita bohong, kemudian merugikan salah satu pihak, itu busa kena UU ITE,” kata dia.

Saat ini tahapan Pilkada sedang berlangsung, pendaftaran calon bupati dan wakil Bupati di KPU daerah. Puncak Pilkada akan dihelat 27 November 2024 mendatang akan memilih Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Siak.

“Proses Pilkada serentak harus kita dukung dan kita sukseskan, pemerintah wajib menjaga netralitas serta meningkatkan partisipasi pemilih lewat sosialisasi dan publikasi,” ringkasnya.

(Agus zega/infotorial)

scroll to top