Sambut 10 Muharram Pemkab Labuhanbatu Selatan Santuni 102 Orang Anak Yatim Piatu.

20240717_113520-scaled.jpg

LABUSEL-BENUANEWS.SUMUT.COM
Pemkab Labuhanbatu Selatan memberikan santunan kepada 102 anak yatim dalam menyambut bulan muharram 1446 H.di aula pertemuan lantai 1 kantor bupati Labuhanbatu Selatan Desa Sosopan Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu selatan Sumatera Utara 17/7-2024.

Acara tersebut tampak hadir wakil bupati Labuhanbatu Selatan H.Ahmad Tanjung.S.Ag,Plh sekda Puadi,Kapolres Labusel AKBP Maringan Simanjuntak. SH.MH. Wakapolres Kompol R.Samosir SH.MH ketauan Baznas H.Sofyan Nasution, Bendahara Abdul jalil.kemenag Labusel serta OPD dan para undangan lainnya.

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H.Ahmad Padli Tanjung.S.Ag dalam sambutannya ,”menyampaikan, “pada bulan muharram ini mari kita saling berbagi kepada anak yatim piatu agar meningkatkan kepedulian kita kepada anak anak yatim,serta meningkatkan silaturahmi kita dan rasa kebersamaan kita.ujar nya

Lebih lanjut dikatakan,
Dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini, umat Islam di seluruh dunia merayakannya dengan penuh suka cita dan kekhusyukan. Mereka menjalankan berbagai amalan yang dianjurkan, seperti berpuasa dan memperbanyak ibadah, untuk meraih keberkahan pada bulan Muharram.

Keutamaaan Bulan Muharram
Sebagai bulan pertama dalam penanggalan Islam, Muharram memiliki banyak sekali keistimewaan yang tidak bisa diabaikan. Bulan ini begitu penting dan mulia dalam pandangan umat Islam, karena di dalamnya terdapat berbagai peristiwa dan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Keutamaan bulan Muharram telah ditegaskan dalam berbagai sabda Rasulullah SAW, di mana beliau menjelaskan betapa istimewanya bulan ini dan menganjurkan umat Islam untuk meningkatkan ibadah serta ketaatan kepada Allah SWT selama bulan tersebut

Saat di temui,disela sela acara,Ketua Baznas Labusel H.Sofyan Nst,”mengatakan,”10 Muharram disebut sebagai hari Asyura. Istilah ini berasal dari kata ‘asyr yang dalam bahasa Arab berarti sepuluh. Artinya, Asyura adalah hari kesepuluh bulan Muharram penanggalan kalender Hijriyah.

Dalam sebuah hadits shahih dikatakan, pada hari itu dahulu Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya.

Di kalangan masyarakat Jawa, sebagian orang menyebut bulan Muharram dengan nama bulan ‘Suro’. Istilah ini merujuk pada hari penting pada bulan Muharram yaitu tanggal 10 Muharram atau Asyura tersebut.

10 Muharram merupakan hari bersejarah bagi umat muslim. Dalam beberapa riwayat, disebutkan bahwa terdapat sejumlah peristiwa penting yang terjadi di hari itu.(K.Nasution)

scroll to top