Rendang Kebanggaan Orang Minang Tetap Menjadi Khas Urang Awak

IMG-20210901-WA0009-1.jpg

Padang, Benuanews,- Seperti kita ketahui randang merupakan masakan khas Minang yang sudah mendapat predikat makanan terlezat di dunia. Tapi sangat di sayangkan makanan khas dari Minangkabau yang selama ini kita bangga-banggakan ternyata telah di patenkan oleh negara tetangga kita Malaysia.

Randang merupakan jenis olahan daging dengan bumbu rempah-rempah yang berasal dari Minangkabau. Randang dihasilkan dari proses memasak yang membutuhkan waktu berjam-jam menggunakan santan serta bumbu rempah-rempah hingga kering dan menyisakan potongan daging yang berwarna coklat tua hingga hitam pekat.

Dalam tatanan masyarakat Minangkabau randang memiliki posisi yang terhormat. Makna filosofi randang bagi masyarakat Minangkabau adalah musyawarah dan mufakat, berangkat dari empat bahan pokok yang menggambarkan keutuhan masyarakat

Di Kota Padang sangat banyak sekali produsen ranadang. Salah satu produsen Randang yang sudah sangat terkenal di Kota Padang adalah Randang JMK. Pada awal berdirinya pada 27 Januari 2017 yang lalu, JMK lebih fokus fokus pada marketing produk UMKM terpilih.

“Produk yang sdh di testerkan pada banyak orang, dan selalu terjadi RO itulah yg akan kita pasarkan”ujar Ir Suryani Sabri pimpinan Randang JMK

TESTIMONI terbaik adalah RO, kenapa saya ingin fokus di branding dan marketing? Karena sebetul nya sukses nya sebuah produk sangat terhantung pada hal ini, lanjut buk Yen nama panggilan Suryani Sabri

Tahun 2018 Randang JMK ikut festival randang yang di ikuti 104 orang peserta utusan kelurahan se Kota Padang.”Alhamdulillah kita berhasil meraih juara 1″ujar buk Yen.

Suryani Sabri mempunyai cita-cita yang sangat mulia,yakni ingin menjadikan Randang sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

“Saya sangat sedih dengan adanya pengakuan dunia internasional kalau Randang adalah milik orang Malaysia”ujar Yeni.Untuk itu kami yang terhimpun dalam komunitas Randang Minang bertekad akan mengembalikan Randang sebagai makanan khas Minangkabau,lanjut Yeni.

Alhamdulillah,sewaktu kunjungan Sandiaga Uno ke Food Court dan Rest Area Kayu Tanam,Randang JMK di jadikan sebagai oleh-oleh buat rombongan menteri.

“Randang JMK ada di Food Court dan Rest Area INS Kayu Tanam”ujar Yeni.Alhamdulillah semua Randang kita di borong oleh rombongan menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai buah tangan dari ranah Minang.

scroll to top