PUSAT GEMPA 6,9 SR DI NIAS, TERASA DIPADANG DAN MENTAWAI

PUSAT-GEMPA.jpeg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Getaran gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,9 SR terasa kuat diwilayah Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara, dan di Kota Padang serta sejumlah daerah di Sumatera Barat pada pukul 04.09 Wib. (Senin, 14/3/2021),

Lokasi gempa tepatnya pada koordinat : 0.71 LS – 98.50 BT di kedalaman 25 km atau 161 km sebelah Tenggara Nias Selatan-Provinsi Sumatera Selatan, 173 Km Barat DayamPasaman Barat-Sumatera Barat, 176 Km Barat Daya Agam-Sumatera Barat, 237 Km Barat Laut Padang -Sumatera Barat, 1.106 Km Barat Laut Jakarta-Indonesia dan tidak berpotensi sunami.

Pantuan BMKG mencatat kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan IV MMI di wilayah Nias Selatan, dan III MMI di Padang, Siberut, dan Gunung Sitoli.

“Untuk wilayah Mentawai yang merasakan goncangan gempa yang sangat kencang yaitu di Pulau Siberut lebih tepatnya di Kecamatan Siberut Barat dan Kecamatan Siberut Utara. Sesaat terjadi gempa, masyarakat setempat segera melakukan evakuasi mandiri di ketinggian, karena mereka mersakan goncangan gempa antara III, IV sampai V MMI. Informasi dari BMKG, bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, sehingga masyarakat kembali kerumah masing-masing. Untuk Pulau Sipora, tepatnya di Tuapejat dirasakan, tapi sekitar II MMI. Hingga saat ini, Mentawai dan Nias belum ada informasi kerusakan dan korban jiwa,” ungkap Kakansar

Pasca gempa tersebut BMKG mencatat telah terjadi beberapa kali gempa susulan dengan kekuatan berbeda antara lain:

  • Pukul 04.24 WIB, berkekuatan M 4,4, 70 Kilometer Tenggara Kepulauan Batu, Sumatera Utara, Kedalaman 10 Kilometer.
  • Pukul 04.31 WIB, berkekuatan M 4,1 74 Kilometer Tenggara Kepulauan Batu, Sumatera Utara, Kedalaman 10 Kilometer di bawah permukaan laut.
  • Pukul 04.38 WIB, berkekuatan M 6,0 154 Kilometer Tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara, Kedalaman 26 Kilometer. (W).
scroll to top