Prosesi Pengambilan Api Abadi Dalam Rangka HJB Ke-344 Kab. Bojonegoro

Polish_20211019_135318052.jpg

Bojonegoro-, Selasa 19/10/2021. Sebagai salah satu rangka rangkaian kegiatan memperingati HJB (Hari Jadi Bojonegoro) Ke-344, Pemerintah Kab. Bojonegoro melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sebagai awal pembuka kegiatan. Yakni dengan prosesi pengambilan api abadi di salah wisata kayangan api turut Desa Sendang Harjo Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro pada Selasa 19/10/2021.

Prosesi pengambilan api berlangsung dipimpin oleh Camat Ngasem Waji bersama didampingi oleh Kepala Desa Se-Kecamatan Ngasem. Sementara pengambilan api dilakukan oleh juru kunci wisata kayangan api Parlan.

Sebelum prosesi pengambilan api abadi dimulai, diawali dengan ritual persembahan sesaji dan pusaka keris. Dilanjutkan dengan diiringi tarian waranggono dan rabue bunga mengelilingi sumber pusaran api abadi.

Setelah api abadi diambil dengan menggunakan obor oleh juri kunci kayangan api, api abadi diserahkan kepada camat Ngasem lalu estafet diberikan kepada petugas dari Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab. Bojonegoro untuk dikirab menuju kantor Bakorwil Bojonegoro.

Camat Ngasem Waji mengatakan, prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HJB Kab. Bojonegoro Ke-344 hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena situasi pandemi saat ini belum kunjung pulih, maka prosesi dilaksanakan dengan tetap menerpakan protokol kesehatan covid 19.

Sore harinya api abadi akan diserahkan oleh Camat Ngasem kepada Ketua DPRD Kab. Bojonegoro Imam Sholikin lalu lanjut diserahkan kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah untuk disemayamkan di Pendopo Malowopati Bojonegoro.(Jion/red).

scroll to top