Potensi Wisata Rumah Tuo Rantau Panjang Tabir Merangin Jambi

IMG-20221222-WA0046.jpg

Merangin.(Benuanews.com)- Rumah Tuo Rantau Panjang merupakan rumah Tradisional yang memiliki usia mencapai ratusan tahun rumah yang berbentuk panggung ini berada di Kabupaten Merangin dan menjadi tempat tinggal suku batin.

Rumah Tuo Rantau Panjang adalah merupakan Rumah Adat yang berusia ratusan tahun di Merangin selain di kenal memiliki keindahan alam yang masih terjaga.

Kabupaten Merangin juga menyimpan potensi wisata budaya terdapat sebuah perkampungan adat didalamnya juga terdapat rumah tuo tradisional merupakan warisan nenek moyang yang juga menjadi daya tarik tersendiri di kabupaten Merangin.

Meskipun moderenisasi desain rumah yang semakin berkembang uniknya bentuk asli rumah tuo tetap dipertahankan hingga saat ini.

Kontruksi nya pun sangat unik terbuat dari kayu, dalam pembangunannya sama sekali tidak menggunakan paku, masyarakat setempat yang menjunjung tinggi adat istiadat dan juga tradisi semakin menarik banyak perhatian dari wisatawan.

Secara administratif rumah tuo Rantau Panjang berada di KelurahanKelurahan Kampung Baruh Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi jaraknya juga kurang lebih 30 KM (kilo meter) dari Kota Bangko bisa ditempuh dengan Transportasi umum atau kendaraan pribadi lebih kurang 45 menit lokasinya pun tidak begitu sulit untuk di temukan dan kondisi jalan sudah cukup baik untuk dilewati.

Penduduk di Rantau Panjang diperkirakan menjadi suku tertua di Jambi yang dikenal dengan suku batin. Rantau Panjang juga merupakan salah satu (1) wilayah yang tertua di Provinsi Jambi dan diperkirakan telah menepati Rantau Panjang selama kurang lebih 700 tahun.

Penduduk setempat juga dikenal ramah dan sangat terbuka kepada wisatawan yang ingin melihat ke indahan serta warisan budaya di Rantau Panjang.

Pesona Rumah Tuo Rantau Panjang dapat ditemukan sebanyak 60 rumah yang berdiri tegak sampai saat ini.

Terbuat dari kayu rumah ini berbentuk seperti rumah panggung dengan di sangga beberapa tiang dibawah nya, rumah ini berbentuk memanjang kesamping dengan tangga arah pintu masuk dengan ukuran besar.

Dahulu Rumah Tuo Rantau Panjang dibuat dari ijuk namun karena semakin sulit mencari ijuk ini atap rumah pun diganti dengan seng.

Bentuk rumah tuo di Rantau panjang ini seragam dengan warna coklat terang dan dibagi Tiga (3) ruangan. Unik nya memasuki rumah wisatawan harus menunduk karena pintu rumah tinggi satu (1) meter.

Hal ini juga melambangkan kesopanan dan tata kerama yang senantiasa di lestarikan penduduk setempat.

Penulis : Rido Asran
Sumber : YouTube Info Kabar Jambi

scroll to top