Polda Jambi Bersama Lembaga Adat Melayu Jambi Menggelar Seminar Restorative Justice

IMG-20221205-WA0064-1.jpg

JAMBI.(Benuanews.com)-Kapolda Jambi, Irjen Pol.Rusdi Hartono diwakili Wadirreskrimum Polda Jambi, AKBP Tri Saksono Puspo Aji. menghadiri kegiatan seminar Restorative Justice yang digelar Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi di Aula Shang Ratu Hotel, Senin 04/12/22.

Dalam kesempatan tersebut Wadirreskrimum Polda Jambi menyampaikan  Restorative Justice yang digelar hari ini dari Hukum Lembaga Adat pasti sudah berpengalaman, kegiatan ini sangat membantu khususnya dari Kepolisian terkait tentang Hukum Adat.

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono melalui Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto  menjelaskan restorative Justice ini di dalam Kepolisian merupakan keputusan dari Presiden, dengan mengeluarkan Perpol no 8 th 2021 yang bertujuan untuk memberikan keadilan yang seadil – adilnya dengan adanya lembaga adat sangat lah membantu pekerjaan Kepolisian tentunya.

“Dan Kami juga sudah menyampaikan Kapolres di daerah agar mendatangi atau bersilahturahmi dengan Lembaga Adat di daerah ,dari Polda Jambi juga  sangat berharap lembaga adat ini bisa menjadi tumpuan masyarakat mencari keadilan,” Jelas Mulia Prianto.

Dia juga menambahkan Polda Jambi selalu siap mendukung dan membantu dalam pengamanan bila dibutuhkan dalam penyelesaian permasalahan adat.

“Untuk di Kepolisian dan khususnya Polres Jajaran saat ini sudah memahami terkait Restorative Justice, sebelumnya Kapolri juga sudah menyampaikan agar mengedepankan penyelesaian secara adat dan sudah di ciptakan Perpol no 8 th 2021terkait Restorative Justice,” terang Alumni Akpol 1997 ini.

Selanjutnya Pria berpangkat Tiga Melati dipundaknya ini mengungkapkan  Itu sudah kita sosialisasikan ke Polres jajaran hingga sampai ke Babinkamtibmas untuk bersama sama Lembaga Adat di wilayah dapat mesosialisasikan ke masyarakat terkait Restorative Justice.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Drs. H. Azrai Al Basyari M.M, Wakil dekan I Universitas Batanghari, Dr. Said Sahafudin. N.Hum, Tokoh-Tokoh Lembaga Adat Prov. Jambi dan tamu undangan lainnya.

scroll to top