Pendapat Akhir Fraksi PAN DPRD Pessel: Pemerintah Daerah Perlu Tingkatkan Realisasikan PAD dan SDM

IMG-20211126-WA0006.jpg

Pessel, Benuanews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna tentang penyampaian pendapat akhir Fraksi DPRD daerah setempat terhadap Ranperda tentang RAPBD Tahun anggaran 2022, Kamis (25/11).

Dalam rapat paripurna itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Pessel, Aprial Habbas, dan dihadiri Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Plt Sekwan Junaidi, anggota Forkopimda, kepala perangkat daerah beserta undangan lainya.

Pendapat akhir terhadap Ranperda tentang RAPBD Tahun anggaran 2022, dari Fraksi Partai Amanat Nasional dengan juru bicara, Darwiadi menyampaikan kepada Pemerintah Daerah perlu meningkatkan pada kinerja Bidang Pendapatan dalam merealisasikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD), agar bisa mengoptimalkan sumber-sumber lain agar PAD Kabupaten Pesisir Selatan bisa bertambah dengan menggali potensi yang ada di daerah itu, seperti bidang perikanan dan kelautan, pertanian dan pangan, kesehatan, Perhubungan, dan perangkat daerah lainnya.

“Satu hal yang menjadi sorotan penting bagi kita adalah bagaimana PAD yang bersumber dari pajak, retribusi dan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), dari perusahaan-perusahan yang memiliki usaha dan berada di Kabupaten Pesisir Selatan,”kata dia.

Kemudian, juga berkenaan dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, bahwa Fraksi PAN mengingatkan pada Pemeritah Daerah fokus terhadap layanan pendidikan apalagi bertepatan dengan Hari Guru Nasional, 25 November 2021.

“Ini juga harus menjadi catatan penting bagi Pemerintah Daerah untuk melihat kondisi pendidikan bagi anak-anak kita, agar jangan sampai kita hanya melihat pembangunan infrastruktur sekolah yang megah dengan fasilitas yang cukup akan tetapi tidak mampu memiliki dayang saing dan berkompetisi di bidang pendidikan,”katanya.

Selanjutnya, Pemerintah Daerah harus memastikan semua kegiatan terlaksana dengan baik dan tepat waktu, serta meningkatkan pengawasan, supaya volume dan mutu pekerjaan sesuai dengan yang diamanatkan kontrak kerja antara OPD terkait dengan rekanan-rekanan pelaksana kegiatan.

“Kita meminta Pemerintah Daerah supaya lebih serius dan fokus dalam menyelesaikan persoalan dilingkup instansi teknis lainnya seperti di RSUD M Zein Painan serta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau. Karena hal ini penting dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik dan jauh dari kesan tidak tertata kelola dengan baik

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengucapkan terima kasih kepada fraksi DPRD Pesisir Selatan yang telah menyampaikan pendapat akhir terhadap Ranperda tentang RAPBD Tahun anggaran 2022.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan dari fraksi untuk kemajuan Kabupaten Pesisir. Kemudian catatan yang diberikan fraksi akan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait,” kata Rudi Heriyansyah.(MW)

(Visited 39 times, 1 visits today)
scroll to top