Pemerintah Nagori Sahkuda Bayu Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H Dilanjutkan Pemotongan Hewan Qurban

IMG-20240617-WA0113.jpg

Sahkuda Bayu,Gunung Malela.Simalungun.BenuaNews.com – Hari Raya Idul Adha pada Tahun ini jatuh pada hari Senin (17/6/2024),yang mana seluruh umat islam melaksanakan sholat Idul Adha. Sholat ini bertepatan dengan ibadah Haji di Mekkah, karena Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Haji atau Hari Raya Qurban, karena disunahkan berkurban bagi yang mampu.

Warga masyarakat di Nagori Sahkuda Bayu,kecamatan Gunung Malela kabupaten Simalungun juga melaksanakan sholat idul adha di masjid Al – Ridho huta1 atas. Dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan Qurban. Pemotongan hewan Qurban terdapat di beberapa masjid yang ada di 3 huta(dusun) yang ada di nagori Sahkuda Bayu.

Jumlah hewan Qurban tahun ini yang pemotongan nya di mesjid Ar – Ridho sendiri yaitu sebanyak 13 ekor kambing dan 7 ekor sapi,untuk pemotongan di masjid Al – Hikmah huta lll bawah sebanyak 4 ekor kambing dan 6 ekor lembu,selanjutnya di masjid Al – Iklas huta lll atas sebanyak 2 ekor kambing dan 4 ekor lembu.

Proses penyembelihan hewan Qurban melibatkan warga masyarakat yang dikoordinir oleh panitia pemotongan hewan Qurban di masing-masing masjid. Hewan Qurban tersebut nantinya akan dibagikan secara merata kepada seluruh warga masyarakat yang ber perbenduduk tetap maupun yang berpenduduk sementara.

“ Biasanya kalau di nagori Sahkuda bayu panitia penyembelihan hewan Qurban Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu nya juga terlibat, ibu-ibunya yang masak untuk menyiapkan makan siang yang memotong hewan dan bapak-bapaknya yang menyembelih serta membagi hewan Qurbannya” ujar Safiri Sitorus pane ketua BKM masjid Ar-ridho

Pemotongan hewan Qurban di nagori Sahkuda Bayu semoga bisa terlaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya dengan lebih banyak hewan Qurban dan warga masyarakat yang tetap rukun dan kompak.

Amatan awak media di lapangan terlihat antusias dan semangat kebersamaan begitu melekat diantara warga yang terlibat dalam kegiatan pemotongan.Sampai berita ini diturunkan kegiatan masih berlangsung dengan lancar dan baik.

(Dedi Sinaga)

scroll to top